Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Sikap Beragama yang Moderat dan Toleran Inter dan Antar Umat Beragama Siswa di SMAN 1 Kota Serang

Rohim, Rohim (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Sikap Beragama yang Moderat dan Toleran Inter dan Antar Umat Beragama Siswa di SMAN 1 Kota Serang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_PAI_192610034_COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Teks
T_PAI_192610034_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (808kB)
[img] Teks
T_PAI_192610034_BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Teks
T_PAI_192610034_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (493kB)
[img] Teks
T_PAI_192610034_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (185kB)
[img] Teks
T_PAI_192610034_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (512kB)
[img] Teks
T_PAI_192610034_BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Teks
T_PAI_192610034_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstrak

Peran guru pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan sikap beragama yang moderat dan toleran inter dan antar umat beragama siswa di lingkungan sekolah kurangnya upaya peran guru PAI dalam menanamkan sikap beragama yang moderat dan toleran, melihat ralitas warga sekolah yang sangat beragama dan majemuk baik dari Etnis, Budaya, Bahasa, Golongan dan agama yaitu agama Islam, Kristen, Katolik, Protestan, Hindu dan Budha, bahkan beragam etnis baik dari Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Batak, dan Konghucu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis yang bertempat di SMA 1 Kota Serang. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Menganalisis data lalu memberi makna terhadap data untuk ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan sikap beragama yang moderat dan toleransi inter dan antar umat beragama siswa di SMAN 1 Kota Serang, guru PAI selalau memainkan perananya sesuai dengan tugasnya yaitu memberikan arahan dan bimbingan kepada peserta didik, selain mendidik, mengarahkan dan membina juga guru PAI berkelaborasi dengan lembaga sekolah peserta didik dalam melaksanakan kegiatan dan program di sekolah, supaya peserta didik dapat berbaur dengan latar belakang agama dan etnis yang berbeda untuk saling hidup berdampingan, aman dan damai serta saling hormat menghormati tanpa adanya konflik/pertikian antar sesama, sehingga tumbuh sikap yang toleran pada diri peserta didik. Karakter yang moderat serta Niali-nilai toleransi dalam diri peseta didik di SMAN 1 Kota Serang, sudah terlihat dalam pribadi peserta didik karena membiasakan nilai-nilai yang meruapakan indikator meningkatnya sikap yang dimiliki peserta didik yaitu, kepedulian sosial, cinta kasih, tanggung jawab, berprilaku adil, jujur, demokratis, kerjasama dan demokratis. Tidak hanya orang tua, guru PAI sangat berperan dalam menumbuhkan sikap yang moderat sehingga peserta didik memiliki sikap toleran. Melihat keberhasilan dalam menumbuhkan sikap beragama yang moderat dan toleransi inter dan antar umat beragama di SMAN 1 Kota Serang sebagai berikut: memberikan kebebasan kepada peserta didik melakukan ibadah sesuai dengan keyakinanya, bersikap saling menghormati dan mengahargai satu dengan yang lainya, tidak saling membeda-bedakan tanpa melihat latar belakang yang berbeda, saling tolong menolong ketika ada yang terkena musibah tanpa melihat latar belakang agama, bersikap sopan santun dan saling kerja sama dengan pemeluk agama lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Peran Guru PAI, Menumbuhkan Sikap Beragama, Moderat dan Toleransi
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 10 Aug 2023 03:32
Perubahan Terakhir: 10 Aug 2023 03:32
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12934

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.