Hikmah, Iik Umahatul (2023) تطوير المواد التعليمية المتعمدة كتاب الأمثلة التصريفية لتعليم قواعد الصرف (دراسة تجريبية بمعهد العليا المبارك بنجار ساري سيرانج). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBA_191220016_Cover.pdf Download (192kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220016_Lampiran Depan.pdf Download (627kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220016_BAB I.pdf Download (573kB) | Pra Tinjau |
|
Lainnya
S_PBA_191220016_BAB II.PDF Restricted to Hanya staf repositori Download (773kB) |
||
Lainnya
S_PBA_191220016_BAB III.PDF Restricted to Hanya staf repositori Download (704kB) |
||
Lainnya
S_PBA_191220016_BAB IV.PDF Restricted to Hanya staf repositori Download (902kB) |
||
|
Lainnya
S_PBA_191220016_BAB V.PDF Download (272kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220016_Daftar Pustaka.pdf Download (420kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah bahan ajar yang terbatas dan buku latihan siswa dalam mengajar kaidah-kaidah ilmu shorof, karena bahan ajar yang tidak mencukupi. Oleh karena itu, peneliti mempresentasikan pengembangan materi bahan ajar kitab Al-Amtsilah At-Tashrifiyah untuk pengajaran kaidah-kaidah ilmu shorof. Karena didalam kitab tersebut bahan ajarnya tidak mencukupi, maka buku ini akan membantu siswa dalam proses pengajaran kaidah-kiadah ilmu shorof. Beberapa rumusan masalah: 1) Bagaimana pengembangan kitab Al-Amtsilah At-Tashrifiyah di Ma’had Al-Ulya Al-Mubarok Banjarsari Serang dalam pengajaran ilmu tashrif; 2) Bagaimana efektivitas kitab Al-Amtsilah At-Tashrifiyah di Ma’had Al-Ulya Al-Mubarok Banjarsari Serang dalam pengajaran ilmu tashrif; 3) Bagaimana validitas kitab Al-Amtsilah At-Tashrifiyah di Ma’had Al-Ulya Al-Mubarok Banjarsari Serang dalam pengajaran ilmu tashrif?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kitab Al-Amtsilah At-Tashrifiyah, efektivitasnya dan validitasnya. di Ma’had Al-Ulya Al-Mubarok Banjarsari Serang dalam pengajaran ilmu tashrif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode resecrsh dan development dan menggunakan tatacara Borg & Goll, yakni analisis kebutuhan dan kesulitan, pengumpulan data, desain prodak, validasi prodak, perbaikan prodak dan ujicoba prodak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas pengembangan kitab Al-Amtsilah At-Tashrifiyah dalam pengajaran kaidah-kaidah itu layak digunakan melihat dari hasil penelitian sebelumnya 67,2% dan sesudahnya 88,2%. Disana terdapat perbedaan besar dalam tatanan kemampuan siswa dalam pengajaran kaidah-jaidah ilmu shorof di Mahad Al-Ulya Al-Mubarok Banjarsari Serang. Oleh karena itu data-data ini menunjukan bahwa kitab yang dikiembangkan ini patut digunakan dalam proses pembelajaran dan pengajaran kaidah-kaidah ilmu shorof.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 28 Jul 2023 03:20 |
Perubahan Terakhir: | 28 Jul 2023 03:20 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12702 |
Actions (login required)
Lihat Item |