تطوير الكتاب المدرسية التواصلية في تعليم اللغة العربية وفقا لمعايير عبد الرحمن بن إبراهيم الفوزان

Destira, Mahesya (2023) تطوير الكتاب المدرسية التواصلية في تعليم اللغة العربية وفقا لمعايير عبد الرحمن بن إبراهيم الفوزان. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PBA_19250016_COVER.pdf

Download (222kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PBA_19250016_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (633kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PBA_19250016_BAB I.pdf

Download (667kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PBA_19250016_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (810kB)
[img] Teks
T_PBA_19250016_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (980kB)
[img] Teks
T_PBA_19250016_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PBA_19250016_BAB V.pdf

Download (309kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PBA_19250016_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Buku ajar SMA sudah banyak dan beragam, namun beberapa buku ajar SMA tidak memberi porsi yang seimbang pada empat maharoh kebahasaan sesuai standar buku ajar menurut Abdurrohman Ibrahim al Fauzan. Buku ajar memudahkan pembelajaran, membuat tujuan pembelajaran menjadi lebih jelas dan memberikan latihan dan kesempatan lebih banyak untuk mempedalam materi. Saat ini dimana situasi dan kondisi sekolah yang belum stabil dengan menjalankan pembelajaran jarak jauh (pjj) adalah kondisi yang tidak terbayangkan sebelumnya, perlu adanya alternatif pengembangan buku ajar yang dapat menanggulangi kendala pembelajaran jarak jauh dengan keterbatasan bimbingan langsung dari guru dan mengharuskan peserta didik bisa belajar mandiri tidak bergantung kepada guru. Untuk itu memerlukan sebuah solusi dalam pembelajaran agar tidak semua mata pelajaran menggunakan media internet yaitu dengan mengembalikan buku ajar sebagai alat (media) pembelajaran yang harus lebih komunikatif, dapat digunakan dengan mudah serta mempunyai alat ukur evaluasi mandiri. Teori yang digunakan pada pengembangan buku menggunakan teori belajar kognitif. Penelitian ini adalah research and development (R&D) yang digunakan dengan tujuan menghasilkan produk buku ajar dengan pengembangan 4 keterampilan berbahasa. Dengan prosedur langkah-langkah Sugiyono pada metode penelitian agar buku ajar yang dihasilkan adalah buku ajar komunikatif sesuai standar Abdurrahman Ibrahim al Fauzan dan efektifitas produk dalam meningkat empat keterampilan berbahasa peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Arab.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Pengembangan buku ajar, empat keterampilan berbahasa, buku ajar komunikatif
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: PASCASARJANA
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 08 Feb 2023 07:06
Perubahan Terakhir: 14 Feb 2023 07:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11340

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.