Destira, Mahesya (2023) تطوير الكتاب المدرسية التواصلية في تعليم اللغة العربية وفقا لمعايير عبد الرحمن بن إبراهيم الفوزان. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PBA_19250016_COVER.pdf Download (222kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PBA_19250016_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (633kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PBA_19250016_BAB I.pdf Download (667kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_PBA_19250016_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (810kB) |
||
Teks
T_PBA_19250016_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (980kB) |
||
Teks
T_PBA_19250016_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
T_PBA_19250016_BAB V.pdf Download (309kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PBA_19250016_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Buku ajar SMA sudah banyak dan beragam, namun beberapa buku ajar SMA tidak memberi porsi yang seimbang pada empat maharoh kebahasaan sesuai standar buku ajar menurut Abdurrohman Ibrahim al Fauzan. Buku ajar memudahkan pembelajaran, membuat tujuan pembelajaran menjadi lebih jelas dan memberikan latihan dan kesempatan lebih banyak untuk mempedalam materi. Saat ini dimana situasi dan kondisi sekolah yang belum stabil dengan menjalankan pembelajaran jarak jauh (pjj) adalah kondisi yang tidak terbayangkan sebelumnya, perlu adanya alternatif pengembangan buku ajar yang dapat menanggulangi kendala pembelajaran jarak jauh dengan keterbatasan bimbingan langsung dari guru dan mengharuskan peserta didik bisa belajar mandiri tidak bergantung kepada guru. Untuk itu memerlukan sebuah solusi dalam pembelajaran agar tidak semua mata pelajaran menggunakan media internet yaitu dengan mengembalikan buku ajar sebagai alat (media) pembelajaran yang harus lebih komunikatif, dapat digunakan dengan mudah serta mempunyai alat ukur evaluasi mandiri. Teori yang digunakan pada pengembangan buku menggunakan teori belajar kognitif. Penelitian ini adalah research and development (R&D) yang digunakan dengan tujuan menghasilkan produk buku ajar dengan pengembangan 4 keterampilan berbahasa. Dengan prosedur langkah-langkah Sugiyono pada metode penelitian agar buku ajar yang dihasilkan adalah buku ajar komunikatif sesuai standar Abdurrahman Ibrahim al Fauzan dan efektifitas produk dalam meningkat empat keterampilan berbahasa peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Arab.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengembangan buku ajar, empat keterampilan berbahasa, buku ajar komunikatif |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Magister > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 08 Feb 2023 07:06 |
Perubahan Terakhir: | 29 Mei 2024 08:05 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11340 |
Actions (login required)
Lihat Item |