Implementasi Metode Fernald dengan Permainan Scrabble untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa (PTK di Kelas IV SDN Pancanegara)

Agustini, Deis Kuriah (2023) Implementasi Metode Fernald dengan Permainan Scrabble untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa (PTK di Kelas IV SDN Pancanegara). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240113_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (61kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240113_Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (461kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240113_Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (298kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240113_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (256kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240113_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (429kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240113_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (495kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240113_Bab V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240113_Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (164kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi implementasi metode fernald dengan permainan scrabble dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjeknya adalah enam siswa kelas IV yang memiliki kemampuan membaca rendah, Penetapan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode fernald dengan permainan scrabble dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Adapun peningkatan kemampuan membaca siswa melalui tujuh tahap yaitu 1) Memberitahukan teks bacaan yang akan dibaca oleh siswa. 2) Siswa membaca beberapa kalimat pada teks bacaan dan diminta memilih kata yang dianggap sulit dalam teks bacaan. 3) Guru menuliskan kata tersebut pada kertas menggunakan spidol. 4) Siswa menelusuri kata tersebut dengan jarinya sambil menyebutkan bunyi setiap hurufnya dengan perlahan-lahan dan benar (tactile and auditory). 5) Saat menelusuri kata, siswa melihat kata tersebut (visual). 6) Siswa menuliskan kata yang telah dipelajarinya pada kertas lain tanpa melihat contoh tulisan (kinesthetic), namun jika siswa salah menulis maka siswa harus mengulang langkah dari awal. 7) Siswa menyusun potongan huruf pada media scrabble hingga menjadi kata yang telah dipelajarinya kemudian dibaca. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa implementasi metode fernald dengan permainan scrabble yang seperti inilah yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pada 6 siswa dikelas IV SDN Pancanegara.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Fernald, Permainan Scrabble, Kemampuan Membaca, PTK
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 03 Feb 2023 07:37
Perubahan Terakhir: 03 Feb 2023 07:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11260

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.