Mukharomah, Anifah Fitalia (2023) Strategi Pemasaran Media Cetak dalam Menghadapi Persaingan di Era Digital (Studi Analisis: Kabar Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_181510108_Cover.pdf Download (112kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_181510108_Lampiran Depan.pdf Download (504kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_181510108_BAB I.pdf Download (262kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_KPI_181510108_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (262kB) |
||
Teks
S_KPI_181510108_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (176kB) |
||
Teks
S_KPI_181510108_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (520kB) |
||
|
Teks
S_KPI_181510108_BAB V.pdf Download (161kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_181510108_Daftar Pustaka.pdf Download (171kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, bahkan bukan hal baru jika teknologi saat ini menemukan sesuatu yang baru. Kemajuan teknologi telah menghadirkan inernet, dan telah melahirkan konvergensi. Konvergensi adalah menggabungan antara media konvensional dengan media online. Hingga kini media-media yang ada di indonesia telah mengupgrade dirinya ke media online. Agar tetap bisa eksis di dunia yang sudah beralih ke era digial, dan juga untuk menghadapi persaingan di era digital. Termasuk dengan media cetak kabar banten, yang beberapa tahun yang lalu sudah mengupgrade dirinya untuk berkonstribusi pada konvergensi, hingga kini media cetak kabar banten sudah mempunyai koran digitalnya. Hal ini dilakukan agar media cetak kabar banten terus berkembang di derasya arus persaingan era digital. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran media cetak Kabar Banten di era digital? 2) Bagaimana cara mempertahankan eksistensi pada media cetak Kabar Banten di era digital? 3) Apakah Faktor penghambat dalam proses pemasaran surat Kabar Banten di era digital? Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan dan rumusan masalah yang telah diuraikan, maka dapat dijelaskan pula tentang beberapa tujuan masalah yaitu, sebagai berikut: 1) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran surat Kabar Banten di era digital. 2) Untuk mengetahui cara mempertahankan eksistensi pada media cetak Kabar Banten di era digital. 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam proses pemasaran surat Kabar Banten di era digital. Peneliti memilih metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian deskriptif kualitatif ini mencakup cuplikan data yang memberikan gambaran umum tentang penyajian laporan. Pengambilan sampel sumber data dilakukan pada media cetak Kabar Banten dan pengambilan sampel pada pimpinan redaksi dan manajemen pemasaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi dan analisis data penelitian dilakukan pada Rabu, tanggal 27 Juli 2022. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Strategi pemasaran media cetak Kabar Banten di era digital, diantaranya: (a)Bergabung dengan Pikiran Rakyat Media Network (PRMN), (b)Menggunakan strategi Analisis SWOT, (c)Berkolaborasi dengan media digital, (d)Menganalisa situasi dan membuat rancangan program-program baru. 2)Pertahanan eksistensi pada media cetak Kabar Banten di era digital adalah dengan membagi segmentasinya sesuai dengan target usia dari usia 16-35 untuk target pemasaran online dan 35-60 untuk pemasaran offline, dan juga dengan cara pemasarannya yang lebih mendahulukan media cetak baru media digitalnya. Dan Kabar Banten masih tetap mempertahankan media cetaknya karena dengan adanya media cetak yang sifatnya aktual masyarakat bisa tetap percaya dengan keakuratannya. 3) Faktor penghambat dan peluang dalam proses pemasaran surat Kabar Banten di era digital. Ada beberapa faktor, diantaranya: kurangnya Sumber Daya manusia (SDM); semakin mahalnya biaya prosedur percetakan seperti kertas dan lainnya; peminat baca masyarakat terhadap berita-berita akurat; dan kurangnya karyawan Kabar Banten untuk pengambilan staff admin media sosial. Kabar Banten menggunakan penarifan atau pamasangan iklan untuk brand yang ingin memasang iklan sebagai peluang dalam menangani kurangnya sumber daya manusia.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi Pemasaran, Konvergensi, Era Digital, Media Baru |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi > 381 Commerce |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 11 Apr 2023 01:25 |
Perubahan Terakhir: | 01 Apr 2024 02:46 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10875 |
Actions (login required)
Lihat Item |