دور ليمكا (المؤسسة لخط القرآن) في تطوير الخط العربي في إندونيسيا

Nurmilasari, Siti (2022) دور ليمكا (المؤسسة لخط القرآن) في تطوير الخط العربي في إندونيسيا. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_161360054_Cover.pdf

Download (179kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_161360054_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_161360054_BAB I.pdf

Download (584kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BSA_161360054_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (598kB)
[img] Teks
S_BSA_161360054_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (749kB)
[img] Teks
S_BSA_161360054_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (789kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_161360054_BAB V.pdf

Download (327kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_161360054_Daftar Pustaka.pdf

Download (428kB) | Pra Tinjau

Abstrak

LEMKA (Lembaga Kaligrafi Al-Quran) merupakan lembaga yang menyajikan dan mempelajari ilmu melukis dan menulis huruf Al-Quran atau huruf Arab. LEMKA juga menjadi wadah atau tempat bagi siapa saja yang ingin memplajari tentang seni melukis Al-Quran atau huruf arab yang biasa disebut kaligrafi. Ide didirikannya LEMKA berawal dari hayalan Dr. Didin Sirojuddin AR, seorang dosen fakultas adab dan humaniora di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Banyak alumni dan anggota LEMKA yang menyalurkan bakatnya dibidang kaligrafi melalui pembelajaran di pondok pesantren, sebagai media dakwah dan bisnis. Mereka menyalurkan bakatnya melalui ajag lomba seperti MTQ diberbagai daerah, mengajar di pondok pesantren atau berbisnis dimedia sosial dengan media kanvas atau langsung melukis didinding masjid. Dengan seperti itu, LEMKA berperan dalam perkembangan kaligrafi arab di Indonesia. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana peran LEMKA dalam mengembangkan kaligrafi arab di Indonesia? 2. Bagaimana peran alumni LEMKA dalam mengembangkan kaligrafi arab di Indonesia? Adapun tujuan skripsi ini adalah sebagai berikut: 1. Mengetahui peran LEMKA dalam mengembangkan kaligrafi arab di Indonesia. 2. Mengetahui peran alumni LEMKA dalam mengembangkan kaligrafi arab di Indonesia. Dalam skripsi ini, penulis menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif dengan metode kepustakaan dan analisis lapangan, dengan mengumpulklan data dan informasi dari berbagai materi dan narasumber, dan juga menggunakan metodologi tringualisasi, yaitu menghubungkan antara teknik pengambilan data yang digunakan, yaitu data pustaka yang ada dan dengan kenyataan yang ada di lapangan lalu disatukan menjadi sebuah data valid. Hasil dari skripsi ini, sebagai berikut: LEMKA (Lembaga kaligrafi Al-Quran) dan alumi LEMKA mengembangkan seni kaligrafi al-quran dengan Mengikuti pameran seni kaligrafi diberbagai acara seni bergengsi, Membangun sanggar seni kaligrafi disetiap daerah di indonesia, Mengikuti perlombaan kaligrafi dari tingkat nasional sampai internasional, Menjadi seorang pengajar kaligrafi dilembaga pendidikan, Memperjual belikan hasil karya seni kaligrafi melalui media sosial.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 700 Seni > 750 Lukisan > 755 Agama
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 28 Des 2022 01:43
Perubahan Terakhir: 28 Des 2022 01:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10690

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.