Pengaruh Kemudahan Pengguna, Keamanan, dan Strategi Promosi Terhadap Minat Generasi Z dalam Menggunakan E-wallet (DANA) (Studi Kasus Generasi Z Pengguna E-Wallet Dana Di Serang Banten).

Amalia, Sofi (2025) Pengaruh Kemudahan Pengguna, Keamanan, dan Strategi Promosi Terhadap Minat Generasi Z dalam Menggunakan E-wallet (DANA) (Studi Kasus Generasi Z Pengguna E-Wallet Dana Di Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_201410121_COVER.pdf

Download (120kB)
[img] Teks
S_ES_201410121_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (848kB)
[img] Teks
S_ES_201410121_BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Teks
S_ES_201410121_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (208kB)
[img] Teks
S_ES_201410121_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (411kB)
[img] Teks
S_ES_201410121_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (459kB)
[img] Teks
S_ES_201410121_BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Teks
S_ES_201410121_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)

Abstrak

Kemajuan teknologi informasi telah mendorong transformasi layanan keuangan digital, termasuk penggunaan e-wallet. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini meliputi: 1) Apakah kemudahan pengguna berpengaruh secara parsial terhadap minat generasi z?, 2) Apakah keamanan berpengaruh secara parsial terhadap minat generasi z?, 3) Apakah strategi promosi berpengaruh secara parsial terhadap minat generasi z?, dan 4) Apakah ketiga variabel tersebut berpengaruh secara simultan terhadap minat generasi menggunakan e-wallet? Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kemudahan pengguna, keamanan, dan strategi promosi terhadap minat generasi Z menggunakan e-wallet DANA. Penelitian kuantitatif ini melibatkan 100 responden generasi Z di Kota Serang, Banten, yang dipilih menggunakan Simple Random Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan dianalisis dengan SPSS Versi 25 menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel, yaitu kemudahan pengguna, keamanan, dan strategi promosi, memiliki pengaruh signifikan terhadap minat generasi Z menggunakan e-wallet DANA. Uji hipotesis menunjukkan nilai t-hitung untuk kemudahan pengguna (4,574), keamanan (-2,809), dan strategi promosi (6,253) dengan p-value < 0,05. Kombinasi ketiga variabel ini berperan penting dalam meningkatkan minat generasi Z, sehingga penyedia e-wallet perlu memperhatikan aspek tersebut secara seimbang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kemudahan Pengguna, Keamanan, Strategi Promosi, Minat
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi Keuangan
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 21 Mei 2025 07:33
Perubahan Terakhir: 21 Mei 2025 07:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16860

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.