Setiawati, Dhani (2022) Persepsi Guru SD terhadap Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) dalam Kurikulum 2013. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240077_COVER.pdf Download (50kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240077_LAMPIRAN DEPAN.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240077_BAB I.pdf Download (130kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240077_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (257kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240077_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (165kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240077_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (403kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240077_BAB V.pdf Download (47kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240077_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi persepsi guru SD Negeri Kibin dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi guru SD Negeri Kibin mengenai pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) dalam Kurikulum 2013. Latar belakang penelitian ini adalah masih terdapat guru yang belum paham mengenai pembelaj aran berbasis HOTS, oleh karena itu keterampilan berpikir peserta didik masih ditataran LOTS atau Lower Order Thinking Skills yaitu keterampilan berpikir tingkat rendah. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Untuk persepsi guru terhadap pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) terdapat beberapa aspek yang diuraikan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat oleh guru, memecahkan masalah, berpikir kritis, berpikir kreatif, serta penilaian pada pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SD Negeri Kibin mempersepsikan positif terhadap pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills), hal itu dibuktikan dengan guru-guru mempersiapkan perangkat pembelajaran semaksimal mungkin. Namun, karena keterbatasan akses informasi dan belum mengikuti pelatihan pembelajaran berbasis HOTS maka guru belum dapat merealisasikan secara maksimal dalam pembelajaran yang mereka lakukan. Baik saat pembelajaran tatap muka maupun pembelajaran jarak jauh pada era pandemi Covid-19 ini.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Persepsi Guru, Pembelajaran, HOTS (Higher Order Thinking Skills) |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 21 Nov 2022 02:49 |
Perubahan Terakhir: | 21 Nov 2022 02:49 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9622 |
Actions (login required)
Lihat Item |