Peran Channel Youtube Jeda Nulis terhadap Moderasi Beragama

Octaviani, Nureza (2022) Peran Channel Youtube Jeda Nulis terhadap Moderasi Beragama. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510025_COVER.pdf

Download (100kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510025_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (439kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510025_BAB I.pdf

Download (112kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_181510025_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (526kB)
[img] Teks
S_KPI_181510025_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (143kB)
[img] Teks
S_KPI_181510025_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (792kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510025_BAB V.pdf

Download (188kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510025_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pada saat ini dengan kemajuan teknologi dan perkembangan zaman yang semakin maju dan pesat, dakwah sudah bisa diakses dengan menggunakan media youtube untuk menjadi media sebagai salah satu media dakwah yang bisa diakses dengan mudah dan dimana saja. Pemanfaatan ruang digital selaku media dakwah menjadi daya baru bagi penceramah seperti yang dilakukan oleh Habib Jafar Husein dalam channel youtubenya yang bernama Jeda Nulis, Channel youtube Jeda Nulis hadir sebagai salah satu channel dakwah yang cukup ramai diminati khususnya pada kalangan kaula. Channel youtube Jeda Nulis menjadi sumber pembelajaran yang mana isinya kebanyakan adalah tentang akhlak, aqidah, dan ibadah, serta pembahasan tentang isu intoleransi, ekstrimisme, dan radikalisme yang sudah bertebaran di jagat maya. Oleh karena itu, bagaimana konsep fenomena moderasi beragama pada channel youtube Jeda Nulis terhadap sikap moderasi yang amat penting dalam menciptakan hubungan harmonis. Sebab, moderasi beragama menjadi metode terampuh dalam merespon dinamika zaman ditengah merebaknya ekstremisme. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, a) Bagaimana Analisis Wacana Van Dijk Terhadap Channel Youtube Jeda Nulis?, b) Bagaimana Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Channel YouTube Jeda Nulis?. Dengan perumusan masalah diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah, a) Untuk Mengetahui Analisis Wacana Van Dijk Terhadap Channel Youtube Jeda Nulis. b) Untuk Mengetahui Nilai�Nilai Moderasi Beragama dalam Channel YouTube Jeda Nulis. Sifat dari penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis penelitian studi dokumen atau teks yaitu penelitian tentang kajian dari bahan dokumen berupak teks, film, dan naskah. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer diambil dari video youtube dari channel Jeda Nulis. Sumber data sekunder yang mana diambil dari buku, jurnal yang terkait dengan penelitian, dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Van Dijk karena pada teori ini terdapat unsur-unsur teori Van Dijk karena terdapat komunikator yaitu Habib Ja’far Husein Al Hadar. Dalam penelitian ini penulis menemukan pesan dakwah dalam channel youtube jeda nulis yang dibawa oleh Habib Ja’far Husein lebih banyak berisi tentang konten-konten hoaks dan ujaran kebencian yang semakin memanaskan keadaan perpecahan, oleh sebab itu Habib Ja’far ingin menyebarkan ajaran toleransi umat beragama mulai dari yang seiman hingga yang berbeda keyakinan dengan kita lebih dikenal dengan moderasi beragama.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Habib Ja’far, Moderasi Beragama, Pesan Dakwah, Youtube
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 21 Nov 2022 04:30
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 04:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9539

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.