Hidayah, Nurul (2022) Penerapan Metode Mission Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak (Studi di MTs Al-Mahdi Pabuaran Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210048_COVER.pdf Download (68kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210048_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (402kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210048_BAB I.pdf Download (212kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210048_BAB II.pdf Download (374kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210048_BAB III.pdf Download (371kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210048_BAB IV.pdf Download (440kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210048_BAB V.pdf Download (126kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210048_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada pembelajaran Akidah Akhlak. Peneliti melihat kurangnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak membuat pembelajaran menjadi kurang efektif dan penggunaan metode pembelajaran yang monoton menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan, sehingga peneliti tertarik untuk menerapkan metode mission learning pada pembelajaran Akidah Akhlak sebagai solusi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Al-Mahdi Pabuaran Serang) dan (untuk mengetahui penerapan metode mission learning terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Mahdi Pabuaran Serang). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan uji coba menggunakan metode kuasi eksperimen yang dalam pengumpulan datanya menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kuantitatif eksperimen. data yang dihasilkan berupa angka yang didapat dari pengisian angket masing-masing siswa kemudian diolah berdasarkan rumus yang telah ditentukan. Hasil analisis data setelah penerapan metode mission learning menunjukkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengisian angket yang menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 72,45, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,35. Kemudian dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode Mission Learning, Motivasi Belajar Siswa, Motivasi pembelajaran Akidah Akhlak |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 15 Sep 2022 06:25 |
Perubahan Terakhir: | 15 Sep 2022 06:25 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9442 |
Actions (login required)
Lihat Item |