ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK GADAI SYARIAH (Studi Pada PT Pegadaian Syariah Cabang Kepandean Serang Banten)

Wardini, Laila (2022) ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK GADAI SYARIAH (Studi Pada PT Pegadaian Syariah Cabang Kepandean Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410104_Cover.pdf

Download (58kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410104_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410104_Bab I.pdf

Download (227kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_EIS_181410104_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (334kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410104_Bab III.pdf

Download (237kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_EIS_181410104_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (421kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410104_Bab V.pdf

Download (94kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410104_Daftar Pustaka.pdf

Download (211kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang minat nasabah dalam menggunakan produk gadai syariah. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu dengan pengetahuan masyarakat yang masih minim mengenai produk gadai syariah (rahn) dan lembaga Pegadaian Syariah yang masih jarang ditemui keberadaannya, namun Pegadaian Syariah memiliki minat nasabah yang cukup tinggi. Berdasarkan permasalahan di atas, maka perlu di analisis mengenai faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan produk gadai syariah. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Bagaimana pengaruh motivasi secara parsial terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk gadai syariah di Pegadaian Syariah? 2). Bagaimana pengaruh persepsi secara parsial terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk gadai syariah di Pegadaian Syariah? 3). Bagaimana pengaruh keyakinan secara parsial terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk gadai syariah di Pegadaian Syariah? 4). Bagaimana pengaruh motivasi, persepsi, dan keyakinan secara simultan terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk gadai syariah di Pegadaian Syariah? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari masing-masing variabel bebas dan untuk menganalisis secara bersama-sama variabel bebas terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk gadai syariah di Pegadaian Syariah secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan atau metode kuantitatif deskriptif, lalu data yang diperoleh dari penelitian diolah menggunakan IBM SPSS 25.0 dengan menggunakan teknik analisis data sebagai berikut: statistik deskriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis (uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2)). Hasil dari penelitian ini yaitu motivasi dan keyakinan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dilihat dari thitung > ttabel yaitu (2,466 > 1,668) dan (2,514 > 1,668). Persepsi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dilihat dari thitung < ttabel, yaitu (1,578 < 1,668). Ketiga variabel bebas berpengaruh secara simultan yang terlihat dari nilai F hitung > F tabel yaitu (18,014 > 2,17). Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan pengaruh sebesar 42,5%, sedangkan sisanya sebesar 57,5% dipengaruhi oleh faktor diluar penelitian ini.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Faktor Psikologis (Motivasi, Persepsi, Keyakinan), Minat Nasabah Menggunakan Produk Gadai
Subjek: 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Sep 2022 06:25
Perubahan Terakhir: 15 Sep 2022 06:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9440

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.