Karim, Abdul (2022) Pendidikan Sosial Menurut Ibnu Athaillah As-Sakandary (Studi Terhadap Kitab Al-Hikam). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_161210054_COVER.pdf Download (18kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210054_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (730kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210054_BAB I.pdf Download (368kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210054_BAB II.pdf Download (256kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210054_BAB III.pdf Download (560kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210054_BAB IV.pdf Download (323kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210054_BAB V.pdf Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210054_Daftar Pustaka.pdf Download (220kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Konsep Pendidikan Sosial menurut Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari. Macam-macam Pendidikan Sosial yang ada di dalam kitab Al-Hikam, Dan Keterkaitan Pendidikan Sosial yang ada di dalam kitab Al-Hikam dengan pendidikan Islam di Indonesia. Metodologi Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kepustakaan (Library Research) yang bersifat deskriptif analisis. Setelah melakukan analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Konsep pemikiran Syekh Ibnu Athaillah dalam menyinggung tentang pendidikan sosial lebih menekankan terhadap nilai-nilai uluhiyyah (ketuhanan). Oleh karenanya, konsep pendidikan sosial yang terdapat dalam kitab Al-Hikam adalah sebuah proses penanaman nilai yang tujuan akhirnya adalah mendekatkan diri kepada Allah Swt. Macam-macam pendidikan sosial yang ada di dalam Kitab Al-Hikam diantaranya larangan mengikuti hawa nafsu, pentingnya bermuamalah dan memilih teman sepergaulan. Dan Pendidikan sosial dalam Kitab Al-Hikam merupakan aspek penting dalam pendidikan Islam di Indonesia, karena manusia sudah fitrahnya merupakan makhluk sosial. Manusia tidak akan bisa hidup tanpa orang lain, tanpa lingkungan dan alam sekitarnya. Pendidikan sosial yang ada dalam Kitab Al�Hikam memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan pendidikan Islam di Indonesia khususnya di pesantren-pesantren dalam membangun karakter yang Rabbani dan Insani. Nilai-nilai yang terkandung dalam Kitab Al-Hikam masih sangat relevan dengan konteks kekinian dan pendidikan Islam di Indonesia
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pendidikan Sosial, Kitab Al-Hikam, Ibnu Athaillah |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 15 Sep 2022 06:25 |
Perubahan Terakhir: | 15 Sep 2022 06:25 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9437 |
Actions (login required)
Lihat Item |