Ernawati, Silvy (2022) PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENDAPATAN UMKM DI MASA PANDEMI (Studi Kasus Industri Pengolahan di Kecamatan Padarincang Serang Banten)PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENDAPATAN UMKM DI MASA PANDEMI (Studi Kasus Industri Pengolahan di Kecamatan Padarincang Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_EIS_171410161_Cover.pdf Download (185kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_EIS_171410161_Lampiran Depan.pdf Download (941kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_EIS_171410161_Bab I.pdf Download (517kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_EIS_171410161_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_EIS_171410161_Bab III.pdf Download (703kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_EIS_171410161_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (657kB) |
||
|
Teks
S_EIS_171410161_Bab V.pdf Download (364kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_EIS_171410161_Daftar Pustaka.pdf Download (412kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Ketidak-sinkronan pendapatan dengan modal, minimnya pendapatan masyarakat juga daya konsumsi yang berkurang di masa pandemi, minimnya pengetahuan dari SDM/tenaga kerja sehingga tidak mampu mengelola usaha berbasis digital, Pemberlakuan Work From Home (WFH), Pembatasan Sosial atau Pembatasan Kegiatan Masyarakat, mengakibatkan kurangnya tenaga kerja untuk memproduksi barang sehingga meminimalisisr jumlah produksinya dan tidak sedikit dari para pelaku UMKM terutama di sektor Industri pengolahan di Kecamatan Padarincang berhenti beroperasi. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Apakah terdapat pengaruh E-Commerce Terhadap Pendapatan UMKM di Masa Pandemi?, 2) Seberapa besar pengaruh E-Commerce Terhadap Pendapatan UMKM di Masa Pandemi? Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui pengaruh e-commerce terhadap pendapatan UMKM di masa pandemi (Sektor Industri Pengolahan di Kecamatan Padarincang), 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-commerce terhdadap UMKM di masa pandemi (Sektor Industri Pengolahan di Kecamatan Padarincang). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai dari thitung 5,108 > ttabel 1988, dengan nilai signifikan lebih kecil dari α (0,000 < 0,05) dan nilai koefisien regresi sebesar 0,598 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, variabel E-commerce (X) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan UMKM (Y). Setelah dianalisis secara statistik diketahui hasil dari persamaan regresi linear sederhana Y = 11,386 + 5,108X. Dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 23,5%. Dengan begitu dari variabel ecommerce dapat menjelaskan seberapa besar pengaruhnya terhadap Pendapatan UMKM sebesar 23,5% saja, sedang dari sisanya sebesar 76,5% dipengaruhi oleh faktor dan variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | E-commerce, Pendapatan UMKM, di Masa Pandemi |
Subjek: | 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 15 Sep 2022 06:15 |
Perubahan Terakhir: | 15 Sep 2022 06:15 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9378 |
Actions (login required)
Lihat Item |