Uhrowiyah, Uhrowiyah (2022) Manajemen Sarana dan Prasarana Laboratorium Komputer Dalam Pemberdayaan Keterampilan TIK Siswa di MA Al-Inayah Jerang Ilir Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_181250012_COVER.pdf Download (318kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250012_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (606kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250012_BAB I.pdf Download (329kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250012_BAB II.pdf Download (541kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250012_BAB III.pdf Download (224kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250012_BAB IV.pdf Download (326kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250012_BAB V.pdf Download (92kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250012_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi tidak lepas dari peran fasilitas yang ada di laboratorium komputer. Salah satu fasilitas laboratorium adalah ruang laboratorium komputer yang berfungsi sebagai tempat untuk mengembangkan keterampilan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana laboratorium komputer di MA Al-Inayah Jerang Ilir Cilegon dan juga mengetahui keterampilan TIK siswa di MA Al-Inayah Jerang Ilir Cilegon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MA Al-Inayah Jerang Ilir Cilegon. Pada penelitian ini, subjek penelitiannya adalah Wakil Kepala Sekolah, Kepala Laboratorium, Teknisi Laboratorium, Guru Mata Pelajaran TIK dan Siswa kelas XI tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen sarana dan prasarana laboratorium komputer di MA Al-Inayah Jerang Ilir Cilegon meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Dalam kegiatan perencanaan terdapat proses mengidentifikasi kebutuhan laboratorium komputer baik mengenai fasilitas, jadwal pemakaian, maupun anggaran dana. Kegiatan pengorganisasian meliputi proses pembagian tugas pengelola laboratorium komputer yang meliputi tugas pelindung, koordinator, penanggung jawab dan guru. Kegiatan pelaksanaan meliputi inventarisasi sarana dan prasarana laboratorium komputer, proses pembelajaran, dan pemelihara laboratorium komputer. Sedangkan bentuk pengawasan dan pengevaluasian secara keseluruhan dilakukan oleh kepala laboratorium yang menyerahkan hasil laporan kepada kepala sekolah. Setelah itu, kepala sekolah menginstruksikan kepada wakil kepala sekolah sarana dan prasarana untuk mengadakan sarana yang dibutuhkan. Untuk pengevaluasian dalam pemeliharaannya di laboratorium komputer sudah adanya pengawasan preventif yaitu dengan adanya tata tertib dan aturan-aturan agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien. Melihat pemberdayaan keterampilan TIK dari hasil jawaban angket yang diberikan kepada siswa, maka sudah terlihat bahwa dari keseluruhan jawaban siswa kelas XI C yang menjawab YA (mampu) sebanyak 85,40% dan menjawab TIDAK (tidak mampu) sebanyak 14,60%. Sedangkan untuk keseluruhan jawaban siswa kelas XI E yang menjawab YA (mampu) sebanyak 85,67% dan menjawab TIDAK (tidak mampu) sebanyak 14,33%. Hasil tersebut menandakan bahwa keterampilan TIK siswa yang meliputi penguasaan pengoperasian komputer, Microsoft Word, Microsoft Powerpoint, Microsoft Excel, E-mail, Internet dan Blogspot sudah cukup baik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Management of fasilities and infrastructure, computer laboratory, ICT skills |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 15 Sep 2022 06:13 |
Perubahan Terakhir: | 15 Sep 2022 06:13 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9368 |
Actions (login required)
Lihat Item |