Mujalil, Ahmad (2022) Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik Di Mts Daarul Ahsan Jayanti Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI-161250064_COVER.pdf Download (101kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI-161250064_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (519kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI-161250064_BAB I.pdf Download (431kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI-161250064_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (540kB) |
||
Teks
S_MPI-161250064_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (265kB) |
||
Teks
S_MPI-161250064_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (299kB) |
||
|
Teks
S_MPI-161250064_BAB V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI-161250064_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep perencanan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengontrolan manajemen pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak peserta didik di MTs Daarul Ahsan Jayanti Tangerang.Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologik. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, bidang kurikulum, guru akidah akhlak, serta obervasi yang dilakukan oleh peneliti. Ada beberapa teknik pengumpulan data, yaitu observasi,wawancara, dan studi dokumen. Instrumen penelitian yang dipilih oleh peneliti ada dua yaitu observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini tekhnik observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data mengenai bagaimana implementasi manajemen pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak peserta didik di MTs Daarul Ahsan Jayanti Tangerang.Penelitian ini menemukan 1) bahwa di MTs Daarul Tangerang, dalam mengelola perencanaan manajemen pendidikan karakter peserta didik, melibatkan semua unsur baik sekolah, stakeholder (camat, kapolsek, kepala desa, dan tokoh agama) serta masyarakat 2) Dalam pengorganisasianya manajemen pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak yang dilakukan oleh MTs Daarul Ahsan yaitu dengan adanya koordinasi yang dilakukan sekolah kepada pemerintah dan masyarakat dalam hal ini orang tua/wali peserta didik. 3) Pelaksanaan manajemen pendidikan karakter melibatkan semua elemen sekolah baik kepala sekolah, guru, penjaga sekolah, dan penjaga kantin berperan dalam mengciptakan kondisi kondusif bagi perkembangan karakter peserta didik 4)Pengontrolan manajemen pendidikan karakter berbentuk observasi dengan membuat rubrik penilaian serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan manajemen pendidikan karakter melibatkan semua elemen sekolah baik kepala sekolah, guru, penjaga sekolah, dan penjaga kantin berperan dalam menciptakan kondisi kondusif bagi perkembangan karakter peserta didik. Adapun dalam pengontrolanya manajemen pendidikan karakter di MTs Daarul Ahsan berbentuk observasi, maksudnya semua guru terlibat dalam menilai karakter peserta didik dengan membuat catatan perkembangan peserta didik melalui observasi atau rubrik penilaian yang diterapkan di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Perencanaan, Manajemen, Pendidikan, Karakter, Akhlak |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 06 Sep 2022 08:12 |
Perubahan Terakhir: | 06 Sep 2022 08:12 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9206 |
Actions (login required)
Lihat Item |