Yulianti, Erni (2022) Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Melalui Manajemen Produksi Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Home Industry Lapis Ketan Bu Lelah Desa Kebuyutan). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_SKRIPSI_EIS_171410108_Cover.pdf Download (99kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_SKRIPSI_EIS_171410108_Lampiran Depan.pdf Download (837kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_SKRIPSI_EIS_171410108_Bab I.pdf Download (571kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_SKRIPSI_EIS_171410108_Bab II.pdf Download (626kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_SKRIPSI_EIS_171410108_Bab III.pdf Download (279kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_SKRIPSI_EIS_171410108_Bab IV.pdf Download (613kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_SKRIPSI_EIS_171410108_Bab V.pdf Download (94kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_SKRIPSI_EIS_171410108_Daftar Pustaka.pdf Download (304kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Loyalitas pelanggan dilatarbelakangi oleh berbagai faktor. Diaantaranya seperti kepercayaan, kepuasan, ikatan emosi dan kemudahan. Sama seperti industri lapis ketan bu Lelah yang berada di Desa Kebuyatan.yang dalam produksinya selalu mempertahankan cita rasa produknya sehingga industri ini dapat bertahan di jaringan pemasaran, sehingga banyak konsumen yang melakukan pembelian di home industry lapis ketan bu Lelah secara berulang. walaupun kemasan pada produk masih sangat sederhana dan pemasaranya tidak memanfaatkan teknologi maupun media sosial. karena itu home industry lapis ketan bu Lelah menerapkan strategi manajemen produksi berupa perencanaan, pengendalian, dan pengawasan produksi guna dapat mempertahankan loyalitas pelanggan yang berdasarkan prinsip ekonomi Islam. Rumusan masalah: 1. Bagaimana strategi mempertahankan loyalitas pelanggan pada home industry lapis ketan bu Lelah Desa Kebuyutan ? 2. Bagaimana strategi manajemen produksi untulmenurut perspektif ekonomi Islam pada home industry lapis ketan bu Lelah Desa Kebuyutan ? 3. Bagaimana kekuatan dalam strategi mempertahankan loyalitas pelanggan melalui manajemen produksi menurut perspektif ekonomi Islam pada home industry lapis ketan bu Lelah Desa Kebuyutan ? 4. Bagaimana kelemahan dalam strategi mempertahankan loyalitas pelanggan melalui manajemen produksi menurut perspektif ekonomi Islam pada home industry lapis ketan bu Lelah Desa Kebuyutan ? Tujuan penelitian: 1. Untuk menganalisa strategi mempertahankan loyalitas pelanggan pada home industry lapis ketan bu Lelah Desa Kebuyutan, 2. Untuk menganalisa strategi manajemen produksi menurut perspektif ekonomi Islam pada home industry lapis ketan bu Lelah Desa Kebuyutan 3. Untuk menganalisa kekuatan dalam strategi mempertahankan loyalitas pelanggan melalui manajemen produksi menurut perspektif ekonomi Islam pada home industry lapis ketan bu Lelah Desa Kebuyutan 4. Untuk menganalisa kelemahan dalam strategi mempertahankan loyalitas pelanggan melalui manajemen produksi menurut perspektif ekonomi Islam pada home industry lapis ketan bu Lelah Desa Kebuyutan Peneliti menggunakan metode kualitatif, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer di ambil dari wawancara langsung dengan pemilik, pekerja, dan konsumen home industry. Data sekunder dimbil dari buku, jurnal, dan media lainnya. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan pada home industry lapis ketan bu lelah adalah dengan memperhatikan manajemen produksi seperti dengan melakukan perencanaan produksi dengan memperhatikan kualitas dan kuantitas produk, melakukan pengendalian produksi dengan melaksanakan tahapan perencanaan produksi yang sesuai dengan sasaran dan melakukan pengawasan produksi dengan mempertahankan kualitas dan efisiensi waktu serta memperhatikan pengendalian mutu dan meningkatkan kualitas pelayanan. Adapun kekuatan pada strategi ini ialah telah terstandarisasi dan memiliki izin usaha, usaha milik pribadi, mempertahankan kualitas produk dengan menjaga hubungan baik antar pemilik dengan karyawan, industri sudah berdiri selama bertahun-tahun dan harga produk yang terjangkau, serta kelkuranganya adalah kemasan produk yang masih sangat sederhana dan tidak memanfaatkan teknologi sebagai media pemasaran. Adapun seluruh strategi yang diterapkan sudah berdasarkan perspektif ekonomi Islam dengan menerapkan nilai nilai syariat Islam
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Loyalitas Pelanggan, Manajemen Produksi, Ekonomi Islam |
Subjek: | 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 04 Jul 2022 02:10 |
Perubahan Terakhir: | 04 Jul 2022 02:10 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8876 |
Actions (login required)
Lihat Item |