Prahesti, Jenita (2022) Pengaruh E-Commerce Terhadap Perkembangan UMKM di Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_EIS_171410105_Cover.pdf Download (109kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_EIS_171410105_Lampiran Depan.pdf Download (819kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_EIS_171410105_Bab I.pdf Download (484kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_EIS_171410105_Bab II.pdf Download (329kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_EIS_171410105_Bab III.pdf Download (350kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_EIS_171410105_Bab IV.pdf Download (449kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_EIS_171410105_Bab V.pdf Download (87kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_EIS_171410105_Daftar Pustaka.pdf Download (169kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pilar perekonomian di Indonesia karena UMKM ini sangat berperan dalam penyerapan tenaga kerja dan Usaha baru yang mendukung pendapatan rumah tangga. Sayangnya pandemi covid 19 menghambat perkembangan bisnis UMKM dimana pergerakan bisnis UMKM yang memerlukan ruang pamer atau promosi terhalang dengan adanya PSBB sehingga para pelaku UMKM yang ingin bertahan mulai beralih ke bisnis online. Dan pada saat terjadi pandemi menurut Online Data Sistem jumlah UMKM di Kabupaten Tangerang mengalami peningkatan yang signifikan saat terjadinya pandemi Covid-19. Usaha mikro kecil dan menengah sebagai suatu bentuk usaha di Indonesia sudah seharusnya memanfaatkan teknologi informasi demi kemajuan usahanya Adapun rumusan masalah dalam penenlitian ini yaitu: 1). Apakah e-commerce berpengaruh terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Tangerang ?. 2). Seberapa besar pengaruh penerapan e-commerce terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Tangerang ? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk menganalisis pengaruh e-commerce terhadap perkembangan UMKM di Kabupaten Tangerang. 2). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-commerce terhadap perkembangan UMKM di Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang bersifat primer. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental random sampling teknik pengambilan sampel secara kebetulan dimana semua anggota populasi mempunyai peluang yang sama untuk dijadikan anggota sampel Data diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner melalui link kepada 100 responden yang merupakan pelaku UMKM yang berada di Kabupaten Tangerang Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Peran E-commerce, sedangkan variabel terikatnya adalah Perkembangan UMKM. Metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linier sederhana. Dengan menggunakan program SPSS versi 23. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti terhadap pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang dapat disimpulkan bahwa penelitian menunjukan bahwa e-commerce memiliki peran terhadap perkembangan UMKM di Kabupaten Tangerang. Hal ini dapat dilihat pada koefisien t-hitung 4,148 dengan menggunakan tingkat signifikan 0.05 dibagi 2 (karena 2 arah) yaitu 0.025 a = 2,5%. Dan derajat kebebasan (df) = 100-1-1=98, maka diketahui t tabel 1.9847. Jadi dapat diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung 4,148 > t tabel 1.9847). uji koefisien determinasi R2 didapat sebesar 0,149 sama dengan 14,9 %. Artinya peran e-commerce terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Tangerang sebesar 14,9 %. Sedangkan 85, 1 % sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | E-commerce, Perkembangan UMKM |
Subjek: | 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 01 Jul 2022 08:46 |
Perubahan Terakhir: | 01 Jul 2022 08:46 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8873 |
Actions (login required)
Lihat Item |