Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTsN 3 Kota Cilegon)

Alfisyah, Istianah (2022) Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTsN 3 Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Cover.pdf

Download (109kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Lampiran Depan.pdf

Download (424kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Bab I.pdf

Download (360kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Bab II.pdf

Download (406kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Bab III.pdf

Download (339kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Bab IV.pdf

Download (438kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Bab V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran talking stick pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri 3 Kota Cilegon, mengetahui aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri 3 Kota Cilegon, dan mengetahui penerapan metode pembelajaran talking stick terhadap aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri 3 Kota Cilegon. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen dengan design non-equivalent control group, populasi dalam penelitian ini yaitu selutuh kelas VIII di MTsN 3 Kota Cilegon yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 192 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan ialah observasi dan hasil menunjukkan bahwa t-hitung sebesar 74,823 lebih besar dari t-tabel pada tarif signifikan 0.05 yakni 2.042. Sebagaimana ketentuan dari rumusan uji hipotesis, jika t hitung > t tabel maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTsN 3 Kota Cilegon memberikan hasil yang lebih baik terhadap aktivitas belajar peserta didik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I: Dr. Yahdinil Firda Nadhirah, S.Ag., M.Si PEmbimbing II: Juhji, M.Pd
Kata Kunci (keywords): metode pembelajaran talking stick, aktivitas belajar peserta didik
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 12 Apr 2022 07:03
Perubahan Terakhir: 26 Apr 2022 06:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8470

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.