Pengaruh Metode Resource Based Learning Terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam(Studi Eksperimen di SMPIT Nurul Hidayah As Shidiqiyyah)Mandalawangi Pandeglang Banten

Hikmatullah, Muhammad (2021) Pengaruh Metode Resource Based Learning Terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam(Studi Eksperimen di SMPIT Nurul Hidayah As Shidiqiyyah)Mandalawangi Pandeglang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102025_Cover.pdf

Download (10kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102025_Lampiran Depan.pdf

Download (508kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102025_BAB I.pdf

Download (382kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_152102025_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (472kB)
[img] Teks
S_PAI_152102025_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (570kB)
[img] Teks
S_PAI_152102025_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (481kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102025_BAB V.pdf

Download (153kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102025_Daftar Pustaka.pdf

Download (264kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Metode Resource Based Learning Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian dilakukan di di SMP IT Nuru1 Hidayah As Shidiqiyyah Mandalawangi Pandeglang Banten. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan Metode penelitian pendekatan Kuantitatif dengan jenis eksperimen pre eksperimen design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara kuesoner dan dokumentasi. Analisis data dengan model analisis korelasi antara variable X dengan variabel Y. Informan penelitian adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam Penerapan Metode Resource Based Learning pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMP IT Nuru1 Hidayah As Shidiqiyyah Mandalawangi Dalam penerapan metode ini cukup efektif untuk diterapkan pada proses pembelajaran mata pelajaran Sejarah kebudayaan islam dikarenakan pada proses pembelajarannya banyak siswa yang berantusias bersemangat dalam belajar. hambatan yaitu kurangnya fasilitas yang tersedia untuk menarik minat siswa belajar khususnya mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hasil penerapan Metode ini membuat siswa menjadi lebih aktif lagi dalam belajar mandiri yang diterapkan sehingga membuat siswa SMP IT Nurul Hidayah As Shidiqiyyah menjadi lebih termotivasi dalam pendalaman pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Drs. H. Saefudin Zuhri, M. Pd Pembimbing II: Moch. Subekhan, M.Ag.
Kata Kunci (keywords): metode resource based learning
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 01 Apr 2022 05:31
Perubahan Terakhir: 17 Apr 2023 07:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8356

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.