Aziz, Seif Malik (2022) Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Ciaseum. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Seif Malik Aziz, NIM : 161250044, Judul Skripsi : Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Ciaseum, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Maulana Hasanuddin Banten Tahun 2021. Pembimbing I : Dr. Apud, M.Pd Pembimbing II Rosidah, M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kebijakan kepala sekolah, mengetahui mutu pendidikan, mengetahui kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Nurul Falah Ciaseum. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, tata usaha, dan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi, uji kredibilitas (credibility), uji transferabilitas (transferability). Dan dapat dilakukan dengan uji dependilitas (dependility). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses kebijakan mutu pendidikan di MTs Nurul Falah Ciaseum dengan membuat suatu perencanaan /perumusan program kemudian berkerjasama dengan seluruh stkeholder yang ada di sekolah tersebut menjalankan (implementasi program ) dan yang terakhir adalah melakukan evaluasi terhadap program yang di buat sesuai dengan tujuan melalui hasil musyawarah( rapat) yang mana program tersebut adalah adanya visi dan misi, Tahfizul Al-Qur;an, Eksrakurikuler serta yang lainnya. Mutu pendidikan nya adalah dengan menggunakan 8 Standar Nasional Pendidikan yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah yaitu Standar isi, Standar kompetensi, Standar Pendidik dan tenaga Kependidikan, Standar lulusan, Standar pembiayaan dan standar Pengolaan, kebijakannya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan membuat program, Program Tahfizh Quran dan Ekstrakurikuler. Faktor Pendukung adalah memiliki guru yang rata rata S1 Sarana dan Prasana yang cukup mendukung lapangan olahraga yang cukup luas dan lebar, juga dan adanya kekompakan antara guru dalam mendukung segala kebijakan yang dibuat oleh pihak sekolah yaitu kepala sekolah. Faktor pengambat dari terlaksananya efektivitas kegiatan pendidikan adalah a) minim nya anggaran yang tersedia b) SDM yang masih belum sesuai dengan harapan sekolah c) kurang adanya dukungan dan keterlibatan pemerintah secara langsung
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kebijakan Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan, Metode Kualitatif |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 18 Mar 2022 02:59 |
Perubahan Terakhir: | 18 Mar 2022 02:59 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8260 |
Actions (login required)
Lihat Item |