Efektifitas Penerapan Metode Bandongan Terhadap Minat Membaca Kitab Kuning Santri (Studi Di Pondok Pesantren Daarul Falah Carenang-Kopo Kabupaten Serang-Banten)

Mawaddah, Putri Arini Ulfa (2022) Efektifitas Penerapan Metode Bandongan Terhadap Minat Membaca Kitab Kuning Santri (Studi Di Pondok Pesantren Daarul Falah Carenang-Kopo Kabupaten Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (23kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. 'bagian depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (336kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (338kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II ,.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (404kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (141kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (374kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (152kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (214kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Putri Arini Ulfa Mawaddah. 152102057. Efektifitas Penerapan Metode Bandongan Terhadap Minat Membaca Kitab Kuning Santri. Latar belakang penelitian ini adalah di Pondok Pesantren daarul Falah salah satu lembaga pendidikan islam yang memprioritaskan pembelajaran kitab kuning, dengan menggunakan metode sorogan dan hafalan selain itu dalam pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Daarul Falah ini juga menggunakan metode bandongan guna untuk meningkatkan santri dalam minat membaca kitab kuning. Untuk mencapai hasil yang baik perlu adanya metode pembelajaran kitab kunng yang efektif, karena metode merupakan salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam rangka pembelajaran kitab kuning. Karena tanpa adanya metode pembelajaran yang baik, maka tujuan untuk meningkatkan dalam membaca kitab kuning pun tidak akan berhasil. Oleh karena itu pembelajaran kitab kuning dipilih dengan cara yang terbaik. Metode adalah cara mengajar untuk mencapai tujuan. Penggunaan metode dapat memperlancar proses pendidikan, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai secara efektif. Metode bandongan adalah salah satu metode tradisional dalam pembelajaran kitab kuning yang masih diterapkan sampai saat ini, terutama di Pondok Pesantren. Metode bandongan dipandang sebagai metode yang sangat efektif, karena penerapan metode bandongan ini didasari dengan tujuan pokok yaitu ketepatan dalam membaca, kepemahaman isi, dapat mengungkapkan isi bacaan. Kultur Pondok Pesantren dalam metode bandongan ini lebih mengutamakan adanya ikatan emosional yang kuat serta adanya pemantauan yang intensif antara guru dan santri. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi dan interview. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dalam pembahasan skripsi ini dapat diketahui bahwa metode bandongan merupakan salah satu factor yang memegang peranan penting dalam rangka keberhasilan untuk meningkatkan dalam minat membaca kitab kuning.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Penerapan, Metode bandongan, Membaca Kitab Kuning.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 02 Feb 2022 08:31
Perubahan Terakhir: 02 Feb 2022 08:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8107

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.