Maharani, Hena (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Video Critic Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP N 1 Cinangka). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Hena Maharani, 161210110. 2021.Pengaruh Penggunaan Metode Video Critic Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP N 1 Cinangka) Latar belakang dari penelitian ini yaitu kurangnya atau rendahnya keaktifan belajar siswa yang dimana guru dalam pembelajarannya hanya sedikit melibatkan siswa dalam proses belajar-mengajar sedangkan di kurikulum 2013 ini, siswa haruslah lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana keaktifan belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Cinangka saat pelajaran PAI 2) Bagaimana pengaruh penggunaan metode video critic terhadap keaktifan belajar siswa di kelas VIII SMP N 1 Cinangka. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitain quasi eksperimen dengan design non- equivalent group, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII di SMP N 1 Cinangka yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 130 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan ialah angket dan hasil menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan ditunjukkan dari nilai sig 0.00<0.05. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode video critic saat mata pelajaran PAI memberikan pengaruh terhadap keaktifan belajar siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Keaktifan Belajar, Video Critic |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 27 Jan 2022 06:55 |
Perubahan Terakhir: | 27 Jan 2022 06:55 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8048 |
Actions (login required)
Lihat Item |