Putri, Dinda Septiana (2022) Penerapan Teknik Realitas Terhadap Pola Bimbingan Orang Tua dalam Menghadapi Sistem Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi di Perumahan Taman Balaraja, Desa Parahu Kec. Sukamulya Kab. Tangerang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
caver.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (110kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (379kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (409kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (350kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (182kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (206kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (17kB) |
Abstrak
Pada penelitian ini, peneliti fokus pada pola bimbingan yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya selama menjalani proses sekolah secara online atau daring (belajar dari rumah). Pendekatan dilakukan dengan menerapkan teknik realitas. Latar belakang dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui kesulitan orang tua dalam menghadapi sistem pendidikan saat ini, terlihat dari terbatasnya kemampuan orang tua dalam memenuhi fasilitas belajar online hingga kurangnya waktu yang bisa diberikan orang tua untuk menemani anak belajar. Karena munculnya permasalahan ini, orang tua yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah mereka yang merasakan adanya dampak negatif dari sistem pembelajaran online. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana peran orang tua dalam menanggapi sistem pendidikan ditengah pandemi Covid-19?. 2) Bagaimana problematika yang dirasakan orang tua dalam menghadapi sistem pendidikan ditengah pandemi Covid-19?. 3) Bagaimana hasil dari penerapan teknik realitas terhadap orang tua dalam menghadapi sistem pendidikan ditengah pandemi Covid-19? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran para orang tua dalam menghadapi sistem pendidikan ditengah pandemi Covid-19. Serta untuk mengetahui penerapan dan hasil dilakukannya proses konseling dengan teknik realitas untuk mengurangi keresahan orang tua dalam menghadapi sistem pendidikan ditengah pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunkan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari perilaku konseli atau narasumber yang diamati. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang menjadi subjek penelitian adalah para orang tua yang memiliki anak dijenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA yang berjumlahkan 3 orang. Berdasarkan pada proses konseling yang telah peneliti lakukan, terdapat perubahan yang lebih positif terhadap konseli untuk bisa menerima dan menghadapi realita yang terjadi ditengah pandemi saat ini, khusus dalam bidang dunia pendidikan. Penerapan teknik realitas yang dilakukan terhadap orang tua dalam menghadapi sistem pendidikan ditengah pandemi covid-19 ini memiliki 5 tahapan, langkah-langkahnya sebagai berikut: (1) pengembangan keterlibatan (involment), (2) eksplorasi keinginan, kebutuhan, dan persepsi, (3) eksplorasi arah dan tindakan, (4) evaluasi diri, (5) rencana dan tindakan. Proses konseling berlangsung kurang lebih selama 2 bulan. Peneliti bersama orang tua dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi dengan membuat suatu perencanaan dalam proses belajar anak. Karena, pendidikan yang ditempuh oleh anak menjadi tanggung jawab bagi orang tua.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Teknik Realitas, Sistem Pendidikan |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 05 Jan 2022 01:55 |
Perubahan Terakhir: | 23 Apr 2024 07:48 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7877 |
Actions (login required)
Lihat Item |