Pola Komunikasi Antara Ustadz dan Santri dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Fathaniyah Tembong Cipocok Jaya Kota Serang)

Hindun, Siti (2021) Pola Komunikasi Antara Ustadz dan Santri dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Fathaniyah Tembong Cipocok Jaya Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
1.COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (100kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI)
2.LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (455kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (258kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (279kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (283kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (272kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (86kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (218kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Komunikasi adalah kebutuhan setiap individu. Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu komunikasi sangat penting untuk dilakukan oleh manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Artinya, bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa komunikasi. Memiliki latar belakang di atas, penulis mencatat beberapa rumusan masalah sebagai berikut: 1) bagaimana pola komunikasi yang lakukan oleh ustadz terhadap santri dalam proses pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Fathaniyah? 2) metode-metode apa saja yang digunakan oleh ustadz dalam proses pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Fathaniyah? 3) apa saja hambatan pada penerapan pola komunikasi antara ustadz dan santri dalam proses pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Fathaniyah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pola komunikasi yang digunakan oleh ustadz dan santri dalam proses pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Fathaniyah 2) metode-metode yang digunakan oleh ustadz dalam proses pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Fathaniyah 3) hambatan-hambatan dalam penerapan pola komunikasi antara ustadz dan santri dalam proses pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Fathaniyah. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode kualitatif deskriptif berupa ucapan, tulisan dan prilaku orang yang diamati, yaitu pendekatan dengan cara observasi ke lapangan, wawancara, dan dokumentasi di Pondok Pesantren Al-Fathaniyah secara langsung. Berdasarka penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi yang digunakan oleh ustadz di pondok pesantren Al-Fathaniyah secara umum menggunakan tiga pola komunikasi yaitu komunikasi antar pribadi dan kelompok. Metode-metode yang digunakan oleh ustadz dalam proses pembelajaran atau pengajian yaitu menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Dan hambatan-hambatan penerapan pola komunikasi pada ustadz dan santri dalam proses pembelajaran yaitu hambatan personal, fisik, lingkungan, dansemantik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 14 Des 2021 06:35
Perubahan Terakhir: 27 Mar 2024 06:32
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7755

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.