Qoomariyah, Isti (2021) Isti Qomariyah. 171240001. 2021. Pengembangan Media COGAN (Congklak Bilangan) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) di Kelas IV (R&D di Kelas IV MI Al-Khairiyah Lebak Kelapa Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (108kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAGIAN DEPAN)
bagian depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (397kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (168kB) | Pra Tinjau |
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (280kB) |
||
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (419kB) |
||
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
||
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (198kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Isti Qomariyah. 171240001. 2021. Pengembangan Media COGAN (Congklak Bilangan) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) di Kelas IV (R&D di Kelas IV MI Al-Khairiyah Lebak Kelapa Kota Cilegon Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media COGAN (Congklak Bilangan) sehingga efektif untuk digunakan dalam pemahaman konsep materi KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) di kelas IV MI Al-Khairiyah Lebak Kelapa. Penelitian dan Pengembangan ini mengacu pada 10 tahapan dari Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 5 tahapan, yaitu tahap survei dan pengumpulan informasi, desain produk, validasi produk, revisi dan perbaikan desain, dan uji coba terbatas. Untuk mengetahui hasil validasi, peneliti menggunakan teknik angket, wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian ini yaitu produk yang dikembangkan berupa media COGAN (Congklak Bilangan) beserta buku panduan media COGAN (Congklak Bilangan) materi KPK dan FPB. Hasil uji validasi produk kepada ahli media memperoleh rata-rata 3,77 (75,38%) dengan kriteria layak. Sedangkan dari ahli materi memperoleh rata-rata 3,18 (63,63%) dengan kriteria cukup layak. Hasil pretest dan posttest dengan menggunakan rumus N-gain memperoleh 0,49 dengan kriteria sedang. Dan hasil angket respon siswa kelas IV memperoleh rata-rata persentase 95,21% dengan kriteria sangat layak atau sangat baik. Dari hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa Media COGAN (Congklak Bilangan) layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep materi KPK dan FPB.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media COGAN (Congklak Bilangan), Pemahaman Konsep, KPK dan FPB. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 08 Nov 2021 03:10 |
Perubahan Terakhir: | 29 Jul 2022 08:39 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7343 |
Actions (login required)
Lihat Item |