Nidia, Feni (2021) Pengaruh Penerapan Metode Edutainment Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (Pre-eksperimen di kelas V SDN Rancalutung). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (29kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (429kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (179kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (343kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (479kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (281kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (218kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Feni Nidia. 152400887. 2020. Pengaruh Penerapan Metode Edutainment Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (Pre-eksperimen di kelas V SDN Rancalutung). Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan permasalahan yang terjadi di SDN Rancalutung Kabupaten Serang yaitu, kurangnya keterampilan siswa dalam menulis puisi pada pembelajaran bahasa Indonesia, dan kesulitan siswa dalam mengembangkan gagasan yang dimilikinya kedalam bentuk puisi. Hal ini disebabkan karena siswa masih belum bisa membuat puisi sesuai dengan tema dan judul yang mereka tulis. Selain itu, metode pembelajaran yang diterapkan dalam belajar menulis puisi masih bertumpu pada hambatan pembelajaran klasik konvensional yang belum mampu menumbuhkan semangat dan motivasi siswa dalam menulis puisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode edutainment terhadap keterampilan menulis puisi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre- eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest menggunakan sampel 25 siswa. Penggunaan metode pembelajaran dalam pembelajaran mendapatkan hasil dengan nilai rata-rata sebesar 66,3 sedangkan pada pembelajaran yang tidak menggunakan metode edutainment mendapatkan hasil dengan nilai rata-rata 47,1. Teknik pengumpulan data berupa tes keterampilan menulis puisi siswa dengan tes uraian (essay) yang telah divalidasi. Kemudian dianalisis pengujian statistik dengan menggunakan uji t untuk dua sampel yang saling berpasangan dan diperoleh nilai signifikan to 64,533 > 2,064 = ttabel dan menunjukan pengaruh positif penerapan metode edutainment terhadap keterampilan menulis puisi pada pembelajaran bahasa Indonesia.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | metode edutainment, Keterampilan, dan menulis puisi. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 05 Nov 2021 07:56 |
Perubahan Terakhir: | 05 Nov 2021 07:56 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7328 |
Actions (login required)
Lihat Item |