Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Quizizz dan Efektivitas Pemanfaatan Pada Mata Pelajaran PAI ( Studi di SMAN 1 Ciomas )

Nurhalimah, Dede (2021) Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Quizizz dan Efektivitas Pemanfaatan Pada Mata Pelajaran PAI ( Studi di SMAN 1 Ciomas ). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (108kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAGIAN DEPAN)
bagian depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (412kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (342kB) | Pra Tinjau
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (640kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (279kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (766kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (156kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (214kB) | Pra Tinjau

Abstrak

DEDE NURHALIMAH. NIM 161210036. Judul Skripsi: Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Quizizz dan Efektivitas Pemanfaatan Pada Mata Pelajaran PAI ( Studi di SMAN 1 Ciomas ) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan evaluasi pembelajaran berbasis quizizz pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Ciomas dan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan quizizz sebagai alat evaluasi pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Ciomas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan lima tahap pengembangan, antara lain Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data produk berupa data kualitatif diperoleh dri saran dan masukan ahli media, ahli materi, ahli bahasa, praktisi pembelajaran, dan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari penilaian ahli media, ahli materi, ahli bahasa, praktisi pembelajaran, dan siswa. Data dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Proses pengembangan menghasilkan sebuah produk berupa evaluasi pembelajaran berbasis quizizz yang divalidasi oleh 4 ahli yaitu ahli media dengan presentase akhir sebesar 79% (Layak), ahli materi dengan presentase akhir sebesar 82% (Sangat Layak), ahli bahasa dengan presentase akhir sebesar 80% (Layak), dan praktisi pembelajaran dengan prsentase akhir sebesar 90% (Sangat Layak). (2) Evaluasi pembelajaran berbasis quizizz dinyatakan efektif dalam pemanfaatannya karena tercapainya 3 indikator yang telah dirumuskan sebelumnya yaitu dinyatakan layak berdasarkan penilaian 4 ahli dengan hasil presetase rata-rata sebesar 83% kategori (Sangat Layak). hasil belajar siswa tuntas dilihat dari hasil evaluasi yang dilakukan kepada 34 siswa kelas XI IPS 4 menunjukan semua siswa “Tuntas” dengan rata-rata nilai yang didapatkan adalah 85. Dan respon peserta didik terhadap evaluasi pembelajaran berbaasis quizizz mendapat presentase akhir sebesar 82%(Sangat Menarik).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): ADDIE, Efektivitas Pemanfaatan, Evaluasi Pembelajaran, Penelitian Pengembangan, Quizizz
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 29 Okt 2021 06:31
Perubahan Terakhir: 12 Sep 2022 08:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7245

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.