Saptiyah, Saptiyah (2021) Implementasi Penggunaan Aplikasi Plickers pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam Efektivitas Evaluasi Guru di MTs Negeri 2 Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (110kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAGIAN DEPAN)
bagian depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (403kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (156kB) | Pra Tinjau |
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (481kB) |
||
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (199kB) |
||
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (332kB) |
||
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (25kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (83kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Saptiyah. 161210019. 2021. Implementasi Penggunaan Aplikasi Plickers pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam Efektivitas Evaluasi Guru di MTs Negeri 2 Serang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana perencana evauasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi plickers pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 2 Serang; 2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi plickers pada mata pelajaran aqidah akhlak di MMTs Negeri 2 Serang; 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi plickers pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 2 Serang. Latar belakang penelitian ini adalah masih bayaknya guru yang melakukan evaluasi pembelajaran dengan cara yang konvensional, padahal di zaman sekarang ini sudah banyak evaluasi yang dapat dilakukan dengan berbasis teknologi sehingga memberikan inovasi baru dan kegiatan evaluasi yang dilakukan menjadi lebih efektif dan efisien serta memudahkan peserta didik khususnya bagi pendidik. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan evaluasi dengan menggunakan aplikasi plickers dilakukan dengan tahapan menginstal aplikasi -plickers di play store atau apps srore kemudian login di website www.plickers.com, selanjutnya membuat soal pada menu library, membuat kelas dan memasukan nama-nama peserta didik ke dalam kelas yang telah dibuat, serta mencetak plickers card. Kegiatan pelaksanaan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi plickers ini 95% berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Hal tersebut terlihat dari antusias peserta didik dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran karena cara yang digunakan berbeda dengan yang biasanya. Faktor pendukung evaluasi pembelajaran dengan aplikasi plickers adalah keterampilan seorang pendidik dalam menjelaskan dan menginformasikan langkah-langkah jalannya evaluasi pembelajaran dengan aplikasi plickers kepada peserta didik, minat peserta didik dan fasilitas sekolah yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya terletak pada jaringan internet yang kurang stabil, hal tersebut mempengaruhi pada saat pemindaian jawaban yang dilakukan oleh pendidik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Aplikasi Plickers, Aqidah Akhlak, Evaluasi Pembelajaran. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 29 Okt 2021 03:54 |
Perubahan Terakhir: | 29 Jul 2022 07:42 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7239 |
Actions (login required)
Lihat Item |