Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Terhadap Hasil Belajar Ilmu Tajwid Siswa (Studi di MTs Asshabul Yamin Balaraja).

Azizah, Lulu Hanin (2021) Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Terhadap Hasil Belajar Ilmu Tajwid Siswa (Studi di MTs Asshabul Yamin Balaraja). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
1 COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (25kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LEMBARAN AWAL)
2 LEMBARAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (395kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (379kB) | Pra Tinjau
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (455kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III .pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (279kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (517kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (214kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Lulu Hanin Azizah, NIM: 132101652, judul skripsi: Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Terhadap Hasil Belajar Ilmu Tajwid Siswa (Studi di MTs Asshabul Yamin Balaraja). Media kartu kata dalam pembelajaran Ilmu Tajwid terutama untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Tajwid ini. Tujuannya agar siswa lebih cepat memahami, lebih aktif, dan dalam prses belajar Ilmu Tajwid tidak membosankan, karena setiap guru dituntut untuk kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana penggunaan media kartu kata di MTs Asshabul Yamin Balaraja? 2) Bagaimana hasil belajar Ilmu Tajwid di MTs Asshabul Yamin Balaraja? 3) Bagaimana pengaruh penggunaan media kartu kata terhadap hasil belajar Ilmu Tajwid di MTs Asshabul Yamin Balaraja? Tujuan utama penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penggunaan media kartu kata di MTs Ashhabul Yamin Balaraja. 2) Untuk mengetahui hasil belajar Ilmu Tajwid di MTs Ashhabul Yamin Balaraja. 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kata terhadap hasil belajar Ilmu Tajwid di MTs Ashhabul Yamin Balaraja. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimental, sampel dalam penelitian ini berjumlah 37 dibagi menjadi dua di kelas VIII A sebagai kelas eksperimen terdiri dari 18 responden dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol 19 responden. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan media kartu kata terhadap hasil belajar siswa terdapat kolerasi yang cukup atau sedang di buktikan dengan mean kelas Eksperimen 66,11 dan kelas kontrol 58,33. Setelah di hitung dengan menggunakan analisis kolerasi antara (variabel X) penggunaan media kartu kata dengan (Variabel Y) hasil belajar Ilmu Tajwid, maka diperoleh hasil sebesar 1,302. Jika dikonsultasikan dengan tabel angka kritik r product moment dari pearson pada taraf signifikasi 0,05 dan N=37 diperoleh r tabel = 1,68. Dengan demikian r hitung lebih besar dari r tabel (1,302 > 1,68). Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Tajwid sebesar 97,44 %.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): edia Kartu Kata, Hasil Belajar, Ilmu Tajwid.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 29 Okt 2021 03:24
Perubahan Terakhir: 12 Sep 2022 08:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7237

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.