Pratama, Ricky Sutrisno (2021) Hubungan Presepsi Siswa Tentang Penerapan Nilai-Nilai Keislaman dalam Keluarga dan Perhatian Orang Tua Dengan Akhlak Siswa (Studi di SMP Negeri 5 Kota Serang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Ricky Sutrisno Pratama, NIM: 172012107, Judul Tesis Hubungan Presepsi Siswa Tentang Penerapan Nilai-Nilai Keislaman dalam Keluarga dan Perhatian Orang Tua Dengan Akhlak Siswa (Studi di SMP Negeri 5 Kota Serang) Persepsi siswa tentang penerapan nilai-nilai keislaman dalam keluarga dan perhatian orang tua sangat penting dan dapat menjadikan pembentukan akhlak siswa, Oleh karena itu untuk mendapatkan akhlak yang baik, maka diharapkan persepsi siswa diharapkan positif dengan nilai-nilai keislaman yang diterapkan dalam keluarga dan perhatian orang tua pada anaknya saat berada di rumah. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan 1) hubungan antara persepsi siswa tentang penerapan nilai-nilai keislaman dalam keluarga (X1) dengan akhlak siswa (Y), 2) hubungan antara perhatian orang tua (X2) dengan akhlak siswa (Y), 3) hubungan secara bersama antara persepsi siswa tentang penerapan nilai-nilai keislaman dalam keluarga (X1) dan perhatian orang tua (X2) dengan akhlak siswa (Y) di SMP Negeri 5 Kota Serang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Serang tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 437 siswa. Sampel penelitian adalah siswa Kelas VIII F dan VIII J SMP Negeri 5 Kota Serang Tahun Pelajaran 2020/2021 berjumlah 87 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian adalah kuisioner persepsi siswa tentang penerapan nilai-nilai keislaman dalam keluarga, perhatian orang tua, akhlak siswa. Teknik analisis statistik menggunakan uji korelasi ganda dan uji regresi. Simpulan dari penelitian ini 1) terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang penerapan nilai-nilai keislaman dalam keluarga (X1) dengan akhlak siswa (Y) sebesar 0,475, yang artinya tergolong cukup kuat, 2) terdapat hubungan antara perhatian orang tua (X2) dengan akhlak siswa (Y) sebesar 0,374, yang artinya tergolong lemah, 3) terdapat hubungan secara bersama antara persepsi siswa tentang penerapan nilai-nilai keislaman dalam keluarga (X1) dan perhatian orang tua (X2) dengan akhlak siswa (Y) sebesar 0,518, yang artinya tergolong cukup kuat. Dengan demikian untuk meningkatkan akhlak siswa perlu membangun dan menerapkan nilai-nilai keislaman dalam keluarga dan memberikan perhatian kepada anak-anaknya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Persepsi siswa, nilai-nilai keislaman, Perhatian, dan Akhlak siswa. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 30 Sep 2021 06:38 |
Perubahan Terakhir: | 30 Sep 2021 06:38 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7017 |
Actions (login required)
Lihat Item |