Humaedah, Humaedah (2021) Pengaruh Penggunaan Media Manik-Manik Warna Terhadap Peningkatan Keterampilan Berhitung Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat (Pre Eksperimen Di Kelas II SD Negeri Seruni 1 Majasari-Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
COVER ida.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (103kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (323kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (211kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (534kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (472kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (714kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (87kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (215kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Humaedah. 152400807. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Manik-Manik Warna Terhadap Peningkatan Keterampilan Berhitung Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat (Pre Eksperimen Di Kelas II SD Negeri Seruni 1 Majasari-Pandeglang). Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah pengajaran matematika dengan menggunakan media manik-manik warna lebih efektif jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan media pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas II SD Negeri Saruni 1. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre eskperimen dengan desain one grup pretest-one grup posttest menggunakan sampel 26 siswa. Penggunaan media manik-manik terhadap pembelajaran matematika menghasilkan rata-rata sebesar 68,57. Pada pembelajaran yang tidak menggunakan media manik-manik terhadap pembelajaran matematika menghasilkan rata-rata 45,7. Tekhnik pengumpulan data berupa tes sebanyak 10 butir soal yang telah divalidasi terlebih dahulu dan dianalisis melalui pengujian statistik dengan menggunakan uji t untuk dua sampel kecil yang sama lain berhungan dan diperoleh to = 5,95 > 1,177 = ttabel dan menunjukan pengaruh penggunaan media manik-manik terhadap pembelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bahwa penggunaan media manik-manik terhadap peningkatan keterampilan berhitung pada pembelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | pembelajaran matematika, materi bilangan bulat, media pembelajaran, media manik-manik. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 31 Mei 2021 04:38 |
Perubahan Terakhir: | 31 Mei 2021 04:38 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6730 |
Actions (login required)
Lihat Item |