Rohaeti, Rohaeti (2021) Aspek-Aspek Pendidikan Islam Dalam Perspektif Zakiah Daradjat. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1.COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (110kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2.LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (453kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (358kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (427kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (243kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (422kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (150kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (219kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Rohaeti, NIM : 122111523, judul skripsi: ASPEK – ASPEK PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF ZAKIAH DARADJAT. Pendidikan merupakan hal yang snagat penting bagi kehdupan manusia, karena pendidikan merupakan cakupan yang sangat luas. Dengan demikian pendidikan islam tidak fokus pada education for the brain saja tetapi juga pada education for heart, karena di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik maka baik pula seluruh jasadnya. Jika ia rusak maka rusak pula seluruh jasadnya. Untuk itu pendidikan Islam harus mencakup seluruh kehidupan manusia. Karena pendidikan Islam yang sesungguhnya tidak hanya memperhatikan satu aspek saja, seperti aspek aqidah, ibadah dan akhlaknya saja, melainkan harus mencakup seluruhnya bahkan lebih luas dari itu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apa saja aspek-aspek pendidikan dalam pendidikan islam menurut menurut Zakiah Daradjat. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek-aspek pendidikan dalam pendidikan islam menurut Zakiah Daradjat. Penelitian ini adalah penelitan Kepustakaan (Library Research) yaitu suatu penelitian yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Berdasarkan hal itu, maka penelitian ini hendak menguraikan secara lengkap, teratur dan teliti terhadap suatu penelitian. Yaitu menguraikan aspek-aspek pendidikan islam dalam perspektif Zakiah Daradjat. Kesimpulan dari aspek-aspek pendidikan islam menurut Zakiah Daradjat yaitu: Menurut Zakiah Daradjat pendidikan islam adalah pembentukan kepribadian, yang lebih ditujukan kepada perubahan sikap mental, yang akan terwujud dalam amal perbuatan sesuai dengan ajaran islam. Oleh karena itu pendidikan tidak hanya bersifat teoritis tetapi juga bersifat praktis, dan Zakiah Daradjat menyimpulkan bahwa pendidikan Islam harus bersifat integralistik dan komprehensif, yaitu mencakup seluruh dimensi, dimana Zakiah Daradjat membagi manusia kedalam tujuh dimensi pokok yaitu: dimensi fisik, akal, agama, akhlak, kejiwaan, rasa keindahan dan sosial kemasyarakatan. Dan semua dimensi itu harus tumbuh kembang melalui pendidikan islam.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 29 Apr 2021 07:53 |
Perubahan Terakhir: | 29 Apr 2021 07:53 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6638 |
Actions (login required)
Lihat Item |