Widiawati, Yayu (2021) Pengaruh Metode Karya wisata Terhadap Hasil Belajar IPS Tentang Peninggalan Sejarah Masa Islam Di Indonesia (Kuasi Eksperimen dikelas V SDIT Cahaya La-Royba Kecamatan Walantaka Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (30kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (423kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (181kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (201kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (365kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (420kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (93kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Yayu Widiawati, NIM: 122700486, Judul Skripsi: Pengaruh Metode Karya wisata Terhadap Hasil Belajar IPS Tentang Peninggalan Sejarah Masa Islam Di Indonesia (Kuasi Eksperimen dikelas V SDIT Cahaya La-Royba Kecamatan Walantaka Kota Serang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode karyawisata terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan pada siswa dari dua kelas yaitu kelas V/B (kelompok eksperimen), dan kelas V/A (kelompok control). Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: hasil belajar dengan menggunakan metode karyawisata memperoleh rata-rata nilai posttest 69.52 sedangkan hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata nilai posttest 65. Berdasarkan analisis data diperoleh thitung > ttable, t hitung = 0.926 dan t table = 2.085. hal ini menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode eksperimen dengan kelompok yang tidak. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa tidak ada pengaruh penerapan pembelajaran dengan metode karyawisata terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode Pembelajaran Karyawisata, hasil belajar siswa, Metode Kuasi eksperimen |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 29 Apr 2021 04:26 |
Perubahan Terakhir: | 29 Apr 2021 04:26 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6619 |
Actions (login required)
Lihat Item |