Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 (Studi di SMA Negeri Pandeglang)

Mustaanah, Ana (2021) Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 (Studi di SMA Negeri Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (101kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (449kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (217kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (462kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (284kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (114kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (162kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Ana Mustaanah. NIM. 152500092. 2020. Judul Skripsi: Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri Pandeglang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 merupakan penerapan pembelajaran berbasis aktivitas, yang diharapkan akan menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terintegrasi. hal ini berimplikasi pada pelaksanaan penilaian yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 di SMAN 1 Pandeglang, Bagaimana Evaluasi Kurikulum 2013 di SMAN 1 Pandeglang, Bagaimana Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di SMAN 1 Pandeglang. Penelitian ini bertujuan untuk: Mendeskripsikan Implementasi Kurikulum 2013 di SMAN 1 Pandeglang, Mendeskripsikan Evaluasi Kurikulum 2013 di SMAN 1 Pandeglang, Mendeskripsikan Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di SMAN 1 Pandeglang. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Pandeglang. Jenis hasil studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diambil dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model Milles dan Huberman meliputi reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Informan penelitian yaitu Kepala Sekolah, Waka Bid. Kurikulum, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 SMA Negeri 1 Pandeglang bahwa proses pembelajaran lebih banyak menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan tugas sedangkan kurikulum 2013 siswa harus terbiasa dengan pembelajaran pendekatan PAIKEM (pembelajaran aktif, inofatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan). Penyusunan RPP di SMA Negeri 1 Pandeglang sudah sesuai pedoman yaitu pedoman menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses. Guru hanya tinggal menerapkan kurikulum yang sebelumnya sudah disusun oleh pemerintah diantaranya silabus dan Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP). Evaluasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Pandeglang penilaian yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan. Evaluasi kegiatan belajar dilaksanakan melalui harian, tengah semester, dan akhir tahun, untuk kelas XII penilaian akhir tahunnya dengan Ujian Satuan Pendidikan (USP) dan Ujian Nasional Berbasis Kompeten (UNBK). Adanya persiapan program harian, tahunan, semesteran, silabus, RPP ini adalah satuan-satuan yang harus dipersiapkan dalam program belajar mengajar. iv Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Pandeglang selalu diadakannya evaluasi harian, tengah semester, dan akhir tahun. Silabus dan RPP yang dibuat sudah sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh pemerintah melalui pelatihan yang diikuti oleh setiap tenaga pendidik, Faktor penghambat: guru sulit memahamai kompetensi inti dalam pembuatan silabus dan RPP. Faktor pendukung: adanya kerja sama dari semua bidang secara efektif dan kompak dari mulai diadakan rapat perencanaan, sampai pada pelaksanaan dan evaluasi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Evaluasi, Implementasi, Kurikulum.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 08 Apr 2021 03:37
Perubahan Terakhir: 08 Apr 2021 03:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6425

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.