Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) (PTK di kelas V SD Negeri Margagiri 1 Kec. Pagelaran Kab. Pandeglang)

Susilawati, Beti (2021) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) (PTK di kelas V SD Negeri Margagiri 1 Kec. Pagelaran Kab. Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (32kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (244kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (284kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (234kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (214kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (421kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (37kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Beti Susilawati, NIM : 12400882, Judul Skripsi : UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) (PTK di kelas V SD Negeri Margagiri 1 Kec. Pagelaran Kab. Pandeglang). Melihat fenomena di lapangan berdasarkan pengamatan serta wawancara kepada guru kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia bahwa pada kegiatan membaca pemahaman masih kurang maksimal. Dalam mengikuti pembelajaran siswa terlihat kurangnya pemahaman. Hal ini dikarenakan guru dalam mengajarkan materi pembelajaran membaca pemahaman menggunakan cara yang monoton sehingga keterampilan membaca pemahaman siswa masih kurang. Selain itu juga tampak partisipasi siswa kurang aktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kondisi seperti ini menyebabkan pembelajaran yang berlangsung kurang maksimal akan menyebabkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan kurang optimal. Berdasarkan kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) yang diyakini dapat memberikan dampak positif kepada siswa agar lebih aktif danantusias dalam mengikuti pembalajaran, serta dapat meningkatkankemampuan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa hasil tes pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 mengalami peningkatan. Hasil tes pada pra siklus belum mencapai angka keberhasilan seperti yang ditetapkan sebelumnya. Pada hasil tes pra siklus ketuntasan siswa baru mencapai 52,59% yaitu hanya sebanyak 3 siswa yang mencapai KKM. Sedangkan peningkatan terjadi pada siklus 1 sebanyak 12 siswa yang tuntas dengan persentase sebesar 64,6% dan pada siklus 2 sebanyak 15 siswa yang tuntas dengan persentase 90,7%. Oleh karena itu, jika kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V dan kreatifitas guru didalam menerapkan metode pembelajaran di SDN Margagiri 1 Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang telah mencapai target dan dapat dikatakan baik, sehingga penelitian dihentikan pada siklus 2.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 26 Mar 2021 01:53
Perubahan Terakhir: 26 Mar 2021 01:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6329

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.