Efektivitas Penerapan Media Audio Visual Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Studi Eksperimen di SMAN 6 Kota Serang

Munah, Sri (2021) Efektivitas Penerapan Media Audio Visual Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Studi Eksperimen di SMAN 6 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (103kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
SURAT PERNYATAAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (379kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (314kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (461kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (386kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (380kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (136kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Sri Munah. NIM: 161210014. 2020. Judul Skripsi: “Efektivitas Penerapan Media Audio Visual Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Belajar Siswa” (Studi Eksperimen di SMAN 6 Kota Serang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media audio visual video pada mata pelajaran pendidikan agama islam terhadap keaktifan belajar siswa di SMAN 6 Kota Serang pada materi perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen desain Non Equivalent Control Group Design, yaitu desain yang hampir sama dengan Pretest-Posttest Control Grup Design, hanya saja pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random tetapi secara purposif. Sampel yang diambil adalah 28 siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol, dan 28 siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah: angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: deskripsi data, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual video efektif diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. Hal tersebut dikarenakan keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen tidak sama dengan siswa kelas kontrol, yaitu siswa yang diberikan perlakuan media audio visual video sangat aktif dalam belajar sehingga dapat memahami materi dengan baik, berbeda dengan siswa pada kelas kontrol yang pasif saat belajar karena tidak diberikan perlakuan media audio visual video, sehingga hasil yang diperoleh lebih rendah dibandingkan dengan siswa kelas eksperimen.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): media, audio visual video, keaktifan belajar.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 25 Mar 2021 02:53
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2021 02:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6315

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.