Penerapan Bimbingan Kelompok dalam Upaya Mengatasi Perilaku Maladaptif Santri Masa Kanak-Kanak Akhir (Studi Pondok Pesantren Kanak-kanak Assalim Gembong Jayanti)

Adawiyah, Siti Robi'atul (2021) Penerapan Bimbingan Kelompok dalam Upaya Mengatasi Perilaku Maladaptif Santri Masa Kanak-Kanak Akhir (Studi Pondok Pesantren Kanak-kanak Assalim Gembong Jayanti). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (152kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (404kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (426kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (280kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (287kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (270kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (286kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (230kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Periode masa kanak-kanak akhir dimulai sejak anak-anak berusia enam sampai seksualnya matang. Kematangan seksual ini sangat bervariasi baik antara jenis kelamin maupun antarbudaya yang berbeda. Anak-anak sudah lebih menjadi mandiri. Pada masa inilah anak paling peka dan siap untuk belajar dan dapat memahami pengetahuan dan selalu ingin bertanya dan memahami. Dalam penelitian ini peneliti fokus pada anak yang melakukan perilaku maladaptif, karena anak dianggap sebagai subjek yang cocok dalam penerapan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioral dan teknik reinforcement (penguatan) dan homework. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perilaku maladaptif santri masa kanak-kanak akhir di pondok pesantren kanak-kanak assalim 2) Bagaimana penerapan layanan bimbingan kelompok dalam upaya mengatasi perilaku maladaptif santri masa kanak-kanak akhir di pondok pesantren kanak-kanak assalim? 3) bagaimana hasil penerapan layanan bimbingan kelompok dalam upaya mengatasi perilaku maladaptif santri masa kanak-kanak akhir di pondok pesantren kanak-kanak assalim? Tujuan dari penelitian ini adalah : 1)Untuk mengetahui perilaku maladaptif santri masa kanak-kanak akhir di pondok pesantren kanak-kanak assalim. 2)Untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok dalam upaya mengatasi perilaku maladaptif santri masa kanak-kanak akhir di pondok pesantren kanak-kanak assalim. 3)Untuk mengetahui hasil hasil penerapan layanan bimbingan kelompok dalam upaya mengatasi perilaku maladaptif santri masa kanak-kanak akhir di pondok pesantren kanak-kanak assalim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari perilaku konseli atau narasumber yang diamati. Pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan perilaku maladaptif yang ditemukan adalah berkata kasar, melawan guru, mengganggu teman ketika belajar, kabur, mencuri, memukul teman dan malas-malasan. Faktor yang mempengaruhi timbulnya perilaku maladaptif ini diantaranya : teman sebaya, keberfungsian keluarga, rendahnya dukungan yang diberi, mencontoh perilaku orang tua dan sebagai bentuk kepasrahan (resignation). Penerapan layanan bimbingan kelompok dalam upaya mengatasi perilaku maladaptif pada santri masa kanak-kanak akhir dengan pendekatan behavioral dan teknik reinforcement (penguatan) dan homework ini menggunakan beberapa tahap diantaranya: tahap pembukaan, tahap penanganan dan tahap penutup dan tindak lanjut. Setelah pelaksanaan bimbingan kelompok ini, responden mengalami perubahan perilaku ke arah yang positif

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Maladaptif, Kanak-kanak Akhir, dan Bimbingan Kelompok
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 02 Mar 2021 02:52
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 02:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6192

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.