Dwiana, Rika (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Bentuk Tes Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di SMPN 1 Karangtanjung. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
coper.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (101kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Bagian depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (381kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (237kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (562kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (434kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (820kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (165kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Rika Dwiana. 161210048. 2020. Pengembangan Instrumen Penilaian Bentuk Tes Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di SMPN 1 Karangtanjung. Penelitian ini mengembangkan instrumen penilaian bentuk tes berbasis higher order thinking skills pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMPN 1 Karangtanjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian bentuk tes berbasis higher order thinking skills, dan untuk mengetahui hasil uji coba instrumen penilaian berbasis higher order thinking skills untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Karangtanjung. Metode penelitian menggunakan Reserach and Development (penelitian dan pengembangan) dengan model 3-D yang diadaptasi dari model 4-D. Populasi dalam penelitian dan pengembangan ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP dan kelas VIII G sebagai sampel. Instrumen penelitian menggunakan wawancara dan angket. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk hasil pengembangan memenuhi kriteria kelayakan dengan persentase rata-rata 88,2% dari hasil validasi ahli instrumen dan praktisi, dan memperoleh persentase 85% dari hasil penilaian peserta didik terhadap instrumen sehingga termasuk dalam kriteria “sangat layak” untuk diimplementasikan. Reliabiltas instrumen penilaian bentuk tes ini diperoleh rata-rata sebesar 89,8%. Pembahasan menunjukkan: Pertama, proses pengembangan instrumen penilaian bentuk tes menggunakan tiga tahap yaitu tahap pendefinisian (define), perencanaan (design), dan pengembangan (develop). Kedua, hasil uji coba instrumen penilaian bentuk tes berbasis higher order thinking skills memperoleh nilai rata-rata 81 dari 18 peserta didik dan memperoleh persentase 86,03% dari hasil angket kemampuan berpikir kritis
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Penilaian Kurikulum 2013, Higher Order Thinking Skills |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 19 Feb 2021 07:39 |
Perubahan Terakhir: | 25 Feb 2021 05:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6096 |
Actions (login required)
Lihat Item |