IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SMP ISLAM AL-AZHAR 11 KOTA SERANG DAN SMP ISLAM TERPADU RAUDHATUL JANNAH KOTA CILEGON (STUDI KOMPARATIF)

Fahroji, Oji (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SMP ISLAM AL-AZHAR 11 KOTA SERANG DAN SMP ISLAM TERPADU RAUDHATUL JANNAH KOTA CILEGON (STUDI KOMPARATIF). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (105kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (577kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (361kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (459kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (185kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (662kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (167kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (235kB) | Pra Tinjau

Abstrak

OJI FAHROJI. 182101123. Implementasi Pendidikan Karakter pada SMP Islam Al-Azhar 11 Kota Serang dan SMP IT Raudhatul Jannah Cilegon (Studi Komparatif). Tesis Program Studi Agama Islam, Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Kemajuan suatu bangsa terletak pada karakter yang dimiliki bangsa tersebut. Karakter merupakan hal yang sangat penting dan mendasar.Orang yang berkarakter kuat dan baik secara individual dan sosial ialah yang memiliki akhlak, moral dan budi pekerti yang baik. Tesis ini membahas tentang implementasi nilai pendidikan Karakter pada pada SMP Islam Al-Azhar 11 Kota Serang dan SMP IT Raudhatul Jannah Cilegon. Berdasarkan latarbelakang di atas peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana nilai pendidikan karakter pada SMP Islam al-Azhar 11 kota Serang dan SMP IT Raudhatul Jannah Cilegon (2) Bagaimana Pendidikan karakter di SMP Islam al-Azhar 11 kota Serang dan SMP IT Raudhatul Jannah Cilegon (3) Bagaimana hasil Implementasi Pendidikan Karakter pada SMP Islam al-Azhar 11 kota Serang dan SMP IT Raudhatul Jannah Cilegon. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terintegrasi atau terkait pada SMP Islam Al-Azhar 11 Kota Serang dan SMP IT Rahaudatul Jannah Cilegon (2) mendeskripsikan Pelaksanaan pendidikan karakter pada SMP Islam Al-Azhar 11 Kota Serang dan SMP IT Rahaudatul Jannah Cilegon (3) Mengungkap hasil Implementasi Pendidikan Karakter pada SMP Islam Al-Azhar 11 Kota Serang dan SMP IT Rahaudatul Jannah Cilegon. Jenis penelitian ini yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan pendekatan teologis normatif, pedagogis, dan psikologi. Adapun lokasi penelitian ini adalah SMP Islam Al-Azhar 11 Kota Serang dan SMP IT Rahaudatul Jannah Cilegon. Berkaitan dengan sumber data pada penelitian ini adalah dua sumber data, data primer yaitu Kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan peserta didik serta warga sekolah, sedangkan data sekunder adalah dokumen keadaan Guru, Sarana sekolah, profil dan RPP yang terkait dengan objek yang diteliti. Data tersebut diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan triangulasi untuk memastikan validitas data terhadap fokus yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan nilai pendidikan karakter yang terintegrasi pada kegiatan proses pembelajaran adalah religius, disiplin, tekun, rasa ingin tahu, peduli, dan tanggung jawab. Sedangkan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter didapat juga melalui kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan melalui kegiatan seni tari, olahraga, keagamaan, vokal dan juga karya ilmiah remaja, serta budaya bersih yang ditanamkan di kedua sekolah tersebut. Dan temuan yang diperoleh peneliti adalah pemberian sanksi bagi peserta didik secara tegas akan memberikan efek jera dan hal itu menjadi disegani oleh peserta didik, untuk tidak melakukannya lagi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Kata kunci : Pendidikan, Pendidikan Karakter, Implementasi Pendidikan Karakter
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 06 Nov 2020 08:50
Perubahan Terakhir: 06 Nov 2020 08:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5773

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.