Hidayat, Moh. (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Pada Pokok Bahasan Perkalian Dengan Metode Permainan Kartu Bilangan (PTK di Kelas III Al-Battani MIN 1 Kota Cilegon, Kecamatan Pulomerak). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (43kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (355kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (190kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (230kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (622kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (11kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (11kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama : Moh. Hidayat, NIM : 152400802, Judul Skripsi :”Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Pada Pokok Bahasan Perkalian Dengan Metode Permainan Kartu Bilangan”. (PTK di Kelas III Al-Battani MIN 1 Kota Cilegon, Kecamatan Pulomerak). Penelitian ini dilator belakangi oleh kesulitan siswa dalam mengikuti pelajaran matematika di kelas III Al-Battani pada materi perkalian, hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan yang dilakukan peneliti yaitu proses pembelajaran yang dilaksanakan belum dilengkapi dengan penggunaan metode atau media pembelajaran yang sesuai sehingga pembelajaran monoton dan siswapun terlihat kurang semangat dan antusias untuk mengikuti proses pembelajaran, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu peneliti menggunakan metode permainan kartu bilangan pada mata pelajaran matematika dalam perkalian sebagai solusidari permasalahan tersebut dengan harapan hasil belajar siswa dapat meningkat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari rencana, Tindakan observasi,dan refleksi. Sedangkan instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Teknis analisis data yang digunakan pada metode ini adalah, nilai rata-rata kelas dan presentasi ketuntasan. Penerapan metode permainan kartu bilangan pada materi perkalian dapat meningkatkan antusiasme atau semangat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dan dapat me ingkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik pada setiap siklus yang telah dilaksanakan sebagai berikut: Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ketuntasan belajar berdasarkan KKM, pada siklus I siswa yang tuntas mencapai 27,27% dan nilai rata-rata 72,72 kemudian meningkat pada siklus II, siswa yang tuntas mencapai 90% dengan nilai rata-rata 90,90.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, dan Metode Permainan kartu bilangan |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 19 Okt 2020 07:53 |
Perubahan Terakhir: | 19 Okt 2020 07:53 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5670 |
Actions (login required)
Lihat Item |