Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada mata pelajaran Akidah Akhlak (Studi eksperimen di MA Daarul Falah Ciloang Kota Serang)

Fauzi, Ahmad (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada mata pelajaran Akidah Akhlak (Studi eksperimen di MA Daarul Falah Ciloang Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (28kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (758kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (378kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (756kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (517kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (861kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (186kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (396kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Ahmad Fauzi, NIM: 152102059, Judul Skripsi: “Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada mata pelajaran Akidah Akhlak’(Studi eksperimen di MA Daarul Falah Ciloang Kota Serang). Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa, dalam mengikuti proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Akidah akhlak. Hal ini dapat dilihat dari tidak adanya keseriusan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, cepat bosan dalam belajar dan tidak adanya usaha untuk berprestasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah akhlak di kelas eksperimen, untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah akhlak di kelas kontrol, dan untuk mengetahui efektifitas penerapan model Reciprocal Teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah akhlak. Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah khasanah keilmuan dalam bidang pendidikan di Indonesia, menjadi Referensi sumber belajar dalam meningkatkan kualias pendidikan di MA Daarul Falah Ciloang Kota Serang, serta menambah wawasan dan pengetahuan tentang model pembelajaran yang efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan observasi. Data penelitian dibagi menjadi dua data dari jumlah seluruh siswa MA Daarul falah berjumlah 129 siswa, itu hanya diambil dua kelas yaitu kelas XI-a sebanyak 20 siswa dan XI-b sebanyak 19 siswa. Data tentang Motivasi belajar siswa diperoleh dari penyebaran angket yang bersifat tertutup dengan jumlah 25 item pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukan motivasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan, hal tersebut terlihat dari perhitungan thitung yang berada pada daerah penerimaan Hₐ(thitung > ttabel atau 0,502 ≤ 2,026) yang berarti Ho diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching efektif terhadap motivasi belajar siswa

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kata Kunci : Model Reciprocal Teaching dan Motivasi belajar siswa.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 16 Okt 2020 06:55
Perubahan Terakhir: 22 Feb 2021 07:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5655

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.