Munawaroh, Munawaroh (2020) Hubungan Keaktifan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa (Studi di SMPIT Widia Cendikia Serang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (110kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (361kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (353kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (504kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (411kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (986kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (92kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (216kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Untuk menggerakkan kegiatan OSIS, maka diperlukan kepemimpinan pendidikan nasional yaitu kepemimpinan yang memerlukan adanya suatu sistem yang mantap, dana yang memadai, SDM yang profesional serta memiliki persyaratan atau sifat-sifat sebagai berikut: Bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, memiliki intelegensi yang tinggi, memiliki fisik yang kuat, berpengetahuan yang luas, percaya diri, dapat menjadi anggota kelompok, adil dan bijaksana, tegas dan berinisiatif berkapasitas membuat keputusan, memiliki kestabilan emosi, sehat jasmani dan rokhani. Berdasarkan syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi pemimpin atau pengurus OSIS ternyata tidak mudah, disamping memiliki kemauan, kemampuan dan pengetahuan, selain itu juga harus dapat mengatur waktu dengan sebaik-baiknya agar pelajaran tidak terganggu serta melalui beberapa seleksi. OSIS sebagai satu-satunya organisasi kesiswaan di dalam sekolah, merupakan sarana berlatih berorganisasi dan wadah kegiatan bagi siswa di sekolah, maka dapat disimpulkan maju dan berkembangnya kegiatan sekolah sangat tergantung pada program kerja OSIS, sikap kepemimpinan dan pengetahuan dasar mengenai pengelolaan organisasi yang baik serta aktivitas pengurus OSIS yang dibimbing para pembina OSIS. Melihat peranan dan kedudukan yang penting tersebut, maka OSIS perlu dikelola dengan sebaik-baiknya. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Apakaha terdapat hubungan antara keaktifan OSIS dengan disiplin belajar siswa?, 2) Apakaha terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa?, 3) apakah terdapat hubungan antara kekatifan OSIS dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa?, Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis: 1) tingkat keaktifan osis, 2) tingkat disiplin belajar, 3) kontribusi kekatifan OSIS terhadap hasil belajar siswa, 4) kontribusi disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa, Metode pengambilan sampel secara acak sederhana dan proporsional. Sampel sebanyak 34 orang siswa. Data variabel keaktifan OSIS, disiplin belajar, dan hasil belajar siswa diperoleh melalui angket. Uji validitas instrumen menggunakan perhitungan uji r product moment. Reliabilitas instrumen menggunakan perhitungan Alpha Cronbach. Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT Terdapat pengaruh yang signifikan Keaktifan Organisasi Siswa Intra Sekolah dengan Hasil Belajar PAI. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.fchange = 0,000 terbukti lebih besar dari 0,05 (0,000<0,05) dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0.342 yang menunjukan pengaruh yang rendah. Dan vkontribusi keaktifan siswa dalam OSIS terhadap hasil belajar memberikan kontribusi sebesar 11,7% dalam meningkatkan hasil belajar PAI.Terdapat pengaruh yang signifikan disiplin belajar dalam meningkatkan hasil belajar PAI. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.fchange = 0,000 terbukti lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) dengan koefisien korelasi (R) sebesar korelasi sebesar 0,334 yang menunjukan pengaruh yang sangat kuat. Dan kontribusi disiplin belajar terhadap hasil belajar memberikan kontribusi sebesar 11,1% dalam meningkatkan hasil belajar materi PAI.Terdapat pengaruh yang signifikan keaktifan OSIS dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar PAI. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.fchange = 0,000 terbukti lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,344 yang menunjukan pengaruh yang sangat kuat. Dan secara bersama-sama variabel keaktifan OSIS dan disiplin belajar dalam memberikan kontribusi sebesar 11,8 % terhadap variabel hasil belajar materi PAI
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata kunci: Keaktifan Organisasi siswa intra sekolah, Disiplin Belajar, Hasil Belajar |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 30 Sep 2020 04:03 |
Perubahan Terakhir: | 30 Sep 2020 04:03 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5594 |
Actions (login required)
Lihat Item |