Hidayatullah, Tb Arif (2017) Penerapan Teknik Client Centered dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dari Keluarga Pra Sejahtera (Studi Kasus SMAN 1 Pandeglang, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang,Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks (COVER)
cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (74kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (283kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (361kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (63kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
bab III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (213kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (11kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup individu, karena semakin berkembangnya jaman maka semakin maju pula pendidikan di Indonesia bahkan dunia. Sasaran pendidikan adalah manusia pendidikan itu sendiri bermaksud untuk menumbuhkan potensi - potensi kemanusiaannya. Motivasi dapat ditubuhkan dengan adanya dorongan dari orang terdekat, faktor pergaulan dan lingkungan menjadi salah satu aspek munculnya motivasi dalam diri seseorang. Dalam penelitian ini diketahui bahwa siswa yang berasal dari keluarga pra sejah tera identik lebih memiliki moti vasi belajar yang rendah karena faktor lingkungan yang tidak mendukung dan tidak adanya dorongan dari orang - orang terdeket. Berdasarka n latar belakang, rumusan masalah dalam penelitia n ini adalah: 1). Bagaimana gambaran kondisi motivasi belajar siswa dari keluarga pra sejahtera ? 2). Bagaimana hasil teknik Clien t centered dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dari keluarga pra sejaht era ? Tujuan penelitian ini adalah : 1). Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa dari keluarga pra sejahtera . 2). Un tuk mengetahui hasil penerapan metode client centered dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pra sejahtera di SMAN 1 Pandeglang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif sumber data utama adalah ketiga responden yang diperoleh dengan teknik alih kasus dari guru BK SMAN 1 Pandeglang. Mereka adalah responden yang memenuhi kriteria bermotivasi rendah yang berasal dari kel uarga pra sejahtera responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obs ervasi dan wawancara pada ketiga responden yaitu PAL, DF dan IY, selanjutnya data dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan sistematika penelitian yang telah disusun sebelumnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama, k etiga responden yaitu PAL, DF dan IY adalah siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah. Salah satu indikator PAL, DF dan IY mempunyai motifasi yang rend ah adalah tidak adanya dorongan untuk menjadi lebih baik (tidak mempunyai cita - cita), sering tertidur didalam kelas dan kurangnya kesadaran dalam dir inya akan pentingnya belajar. Kedua, Hasil assessment dengan teknik clien t centered saya berhasil mengekspl or masalah yang dihadapi klien dengan baik sehingga klien sudah mulai bisa mencari jalan keluar untuk permasalahan yang dihadapinya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Motivasi belajar |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 16 Mei 2017 14:56 |
Perubahan Terakhir: | 02 Apr 2024 04:14 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/532 |
Actions (login required)
Lihat Item |