PENGARUH METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM(Studi di MTs Negeri 1 Ciruas Kabupaten Serang)

SUBIKAH, IKAH (2017) PENGARUH METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM(Studi di MTs Negeri 1 Ciruas Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
cover new.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (104kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
Lampiran depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (734kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (179kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (321kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (425kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (160kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA new.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (92kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Motivasi siswa di sekolah MTs Negeri 1 Ciruas Kabupaten Serang dapat dikatakan rendah, hal ini terlihat dari sebagian siswa yang rajin mengumpulkan tugas tepat waktu, sedangkan sebagian siswa lainnya malas sehingga tugas tidak selesai dan tidak dikumpulkan tepat waktu. Tentu hal ini berdampak buruk pada hasil belajar tersebut, dalam kegiatan belajar seorang siswa dipengaruhi faktor-faktor dari luar dirinya sendiri, maka sebaiknya guru dapat memberikan motivasi ektrinsik kepada siswanya agar siswa selalu termotivasi dalam belajar. Peneliti dapat menyimpulkan bahwasanya sebagian dari siswa tersebut kurangnya motivasi belajar sehingga mengakibatkan keaktifan serta partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar masih rendah, dan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran SKI belum optimal. Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Example Non Example pada media gambar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Ciruas Kabupaten Serang? Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh metode Example Non Example pada media gambar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Ciruas Kabupaten Serang. Manfaat penelitian ini adalah: Bagi Pengguna, Bagi Lembaga,Bagi Peneliti,Bagi Pengembangan Ilmu. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode Pre-Experimental design jenis One Group Pretest-posttest Design dengan pendekatan kuantitatif. Dengan jumlah sampel 35 siswa (responden) yang ditentukan dengan teknik sampling quota. Hasil penelitian bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara metode Example Non Example pada media gambar dengan motivasi belajar siswa, di MTs Negeri 1 Ciruas Kabupaten Serang termasuk kategori cukup baik. Hal ini berdasarkan dari hasil analisis korelasi diperoleh Mean = 56,86 terdapat pada (60-80).motivasi belajar siswa di MTs Negeri 1 Ciruas termasuk kategori cukup baik. Hal ini berdasarkan dari hasil analisis korelasi diperoleh Mean = 67,88 terdapat pada (60-80). Berdasarkan analisis korelasi dengan menggunakan Product Moment (rxy) terdapat pengaruh metode Example Non Example pada media gambar dengan motivasi belajar siswa diperoleh nilai 0,71 nilai ini terdapat pada (0,60-0,80) artinya antara metode example non example pada media gambar terhadap motivasi belajar siswa adalah 53,29% sedangkan sisanya sebesar 46,71 % dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti lebih lanjut. Simpulan yang diperoleh dan penelitian ini adalah : motivasi belajar siswa dari pelaksanaan metode example non example pada media gambar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam cukup tinggi pula karena dari rata-rata jawaban tes yang diberikan menunjukzn hasil yang cukup baik. .

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): MOTIVASI BELAJAR
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 16 Mei 2017 14:55
Perubahan Terakhir: 16 Mei 2017 14:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.