Kontekstualisasi Pendidikan Kebencanaan dalam Pendidikan Islam: Perspektif Al-Ghazali

Nurhayati, Ulmah (2020) Kontekstualisasi Pendidikan Kebencanaan dalam Pendidikan Islam: Perspektif Al-Ghazali. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (72kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Lembar depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (420kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (217kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
Bab 2.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (559kB)
[img] Teks
Bab 3.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (551kB)
[img] Teks
Bab 4.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (715kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
Bab 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (240kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Ulmah Nurhayati, NIM: 182101127, Judul Tesis: “Kontekstualisasi Pendidikan Kebencanaan dalam Pendidikan Islam: Perspektif Al-Ghazali”. Pendidikan kebencanaan diperlukan karena tidak banyak yang mengetahui bagaimana menyikapi gejala alam dan fenomena alam ketika sebelum terjadi bencana gempa bumi, tsunami, gunung meletus dan lain-lain. Dan tidak banyak pula yang memahami apa yang harus dilakukan saat bencana itu mengancam jiwanya. Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka rumusan masalah yang dimunculkan dalam penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana Konsep Pendidikan Kebencanaan Alam dalam Pendidikan Islam ? 2) Bagaimana Pendidikan Kebencanaan Alam dalam Pendidikan Islam Perspektif AlGhazali? 3) Bagaimana Kontekstualisasi Pendidikan Kebencanaan dalam Perspektif al-Ghazali Pada Kurikulum Pendidikan di Sekolah ? Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat deskriptif analisis, yang obyek penelitiannya adalah pemikiran tentang pendidikan kebencanaan dalam pendidikan Islam. Sumber data yang digunakan diambil dari kitab ihya ulumuddin karangan al-Ghazali dan karyakarya tokoh yang bersangkutan serta pendapat para pakar ahli dan ulama dalam hal tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, Pendidikan kebencanaan alam merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan, keyakinan, iman dan taqwa, serta sikap tangguh dalam menghadapi bencana baik sebelum, ketika terjadi bencana, dan sesudah terjadi bencana dengan menggunakan teori mitigasi yang di kemas dengan konsep Islam. Kedua, Menurut Al-Ghazali pendidikan kebencanaan alam merupakan instrumen untuk menuju kesempurnaan keagamaan seseorang, sebagai bukti perhatian dan kasih sayang Tuhan, dan sebagai penghapus dosa bagi hambanya yang beriman. Ketiga, kontekstualisasi pendidikan kebencanaan dalam perspektif al-Ghazali merupakan pengintegrasian pendidikan kebencanaan kedalam kurikulum pendidikan agama Islam (PAI). Kurikulum pendidikan kebencanaan lebih efektif diingat dalam kurikulum pendidikan sekolah dasar dan menengah ketimbang praktik pembelajaran insidental ketika terjadi bencana

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Kata Kunci : P e n d i d i k a n k e b e n c a n a a n , P e n d i d i k a n I s l a m , A l - Ghazali, Kurikulum
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 16 Jan 2020 07:25
Perubahan Terakhir: 16 Jan 2020 07:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4915

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.