Sulaiman, Eman (2019) ,Pengaruh Penerapan Metodedan Media PembelajaranPada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa (Penelitian di SMK Negeri 1 Rangkasbitung). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Eman Sulaiman, NIM; 172011060,Pengaruh Penerapan Metodedan Media PembelajaranPada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa (Penelitian di SMK Negeri 1 Rangkasbitung), TESIS: Program PascasarjanaUniversitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2019. Metode pembelajaran merupakan suatu cara atau strategi yang dilakukan oleh seorang guru agar terjadi interaksi pembelajaran pada diri siswa untuk mencapai tujuan. Media adalah suatu alat yang dipakai sebagai saluran (channel) untuk menyampaikan suatu pesan (message) atau informasi dari sumber (resource) kepada penerimanya (receiver). Hasil dari kegiatan belajar adalah berupa perubahan perilaku yang relative permanen pada diri orang yang belajar, perubahan tersebut diharapkan adalah perubahan perilaku positif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Adakah pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMKN1 Rangkasbitung? 2). Adakah pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMKN1 Rangkasbitung? 3). Seberapa besar pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajarPendidikan Agama Islam siswa di SMKN 1 Rangkasbitung? 4). Seberapa besar pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMKN1 Rangkasbitung?. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa. (2) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa. (3) Untuk mengetahuiseberapa besar pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa. (4) Untuk mengetahui seberapa pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Metode dalam penelitian ini adalahpenelitian kuantitatif survei dengan menggunakan tehnik analisis jalur (path analysis). Menurut Noor tehnik analisis jalur adalah tehnik yang digunakan untuk menganalisis pola hubungan kausal antar variabel yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung, secara serempak atau mandiri dari variabel-variabel penyebab (variabel bebas) terhadap variabel akibat (variabel terikat). Sampel dalam penelitian ini adalah 70 siswa kelas X AKL 1 dan X AKL 2 di SMK Negeri 1 Rangkasbitung. Kesimpulan hasil analisis pada (1) Pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa sebesar 35,8%. (2) Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa sebesar 51,42%. (3) Besar pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajarPendidikan Agama Islam siswa sebesar t hitung =28,035. (4) Besar pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa sebesar t hitung = 34,054. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 30 Des 2019 03:16 |
Perubahan Terakhir: | 30 Des 2019 03:16 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4876 |
Actions (login required)
Lihat Item |