Irmayanti, Irmayanti (2019) Penerapan Metode Means Ends Analysis Untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang”. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (19kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (214kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (182kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (380kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (262kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (643kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (66kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama: Irmayanti, NIM 132400584, Judul Skripsi: “ Penerapan Metode Means Ends Analysis Untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar Matematika yang rendah pada mata pelajaran Matematika materi bangun ruang di SDN Batukuda Kecamatan Mancak Kabupaten Serang. Hal ini disebabkan dalam pembelajaran matematika guru masih menggunakan metode atau model pembelajaran yang konvensional dan kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Untuk mendeskripsikan langkahlangkah terhadap pelajaran matematika pokok bahasan bangun ruang yang dapat meningkatkan hasil belajar melalui metode means ends analysis. 2). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran matematika pada materi bangun ruang dengan menerapkan metode means ends analysis di kelas IV SDN Batukuda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Means Ends Analysis dengan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart dengan langkah perencanaan, dan pengamatan serta refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Batukuda Kecamatan Mancak Kabupaten Serang dengan jumlah siswa 24 orang. Tahap pengumpulan data yaitu lembar observasi dan tes formatik. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada siswa kelas IV SDN Batukuda Kecamatan Mancak Kabupaten Serang didapatkan sebuah kesimpulan pembelajaran Matematika pada materi bangun ruang dengan menggunakan metode means ends analysis dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I ketuntasan belajar 70,8 % dengan nilai rata-rata 73,8 dan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 91.67 % dengan nilai rata-rata 75.8. Kata kunci : Penerapan metode means ends analysis dan hasil belajar
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 20 Des 2019 09:07 |
Perubahan Terakhir: | 20 Des 2019 09:07 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4851 |
Actions (login required)
Lihat Item |