Analisis Rendahnya Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri Serang 2.

Setyowati, Sulis (2019) Analisis Rendahnya Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri Serang 2. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (30kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (395kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (186kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (225kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (122kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (198kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (85kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Sulis Setyowati. 152400789. 2019. Analisis Rendahnya Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri Serang 2. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri Serang 2. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Serang 2 berjumlah 34 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling, yaitu dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Siswa yang menjadi sampel sebanyak 10 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Proses penelitian ini dimulai dengan memberikan tes membaca pada siswa, kemudian setelah aspek kesulitan diketahui, lalu diamati karakteristik siswa yang mengalami kesulitan membaca tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kesulitan tertinggi siswa dalam membaca permulaan adalah kesulitan dalam membaca kata yang tidak mempunyai arti. Kesulitan membaca permulaan selanjutnya yaitu pada aspek kelancaran membaca nyaring dan pemahaman bacaan. Kesulitan lain yang dialami peserta didik adalah kesulitan dalam membaca kata. Lalu kesulitan dalam menyimak atau pemahaman mendengar. Dan yang terakhir kesulitan pada aspek mengenal huruf. Penyebab kesulitan membaca permulaan siswa yaitu: kesulitan mengidentifikasi huruf dan merangkai susunan huruf, membalik huruf, mengubah kata, menghilangkan huruf dalam susunan kata, mengeja terbata-bata, mengucapkan kata salah, kurang memperhatikan tanda baca tidak memahami isi bacaan, dan sulit konsentrasi. Kata kunci: Kesulitan, Membaca Permulaan, Siswa Sekolah Dasar

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 10 Des 2019 07:46
Perubahan Terakhir: 10 Des 2019 07:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4803

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.