UNNISA, SITI SYIFA (2019) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Studi di MAN 2 Tangerang Kelas X. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Nama : SITI SYIFA UNNISA, NIM : 152102074, Judul Skripsi Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Studi di MAN 2 Tangerang Kelas X. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui Bagaimana Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas X di MAN 2 Tangerang, 2) Untuk mengetahui Bagaimana Hasil Belajar Akidah Akhlak pada Kelas X di MAN 2 Tangerang, 3) Untuk mengetahui Ada atau tidak pengaruh antara Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas X di MAN 2 Tangerang. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Tangerang, dengan sampel 57 siswa dari populasi sebanyak 229 siswa. Populasi di ambil dari kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Dengan teknik pengumpulan data, diperoleh menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini : berdasarkan hasil analisis korelasi, pengaruh kecerdasan emosional (variabel X1) dan kecerdasan Spiritual (variabel X2) dengan variabel Y (Hasil Belajar Akidah Akhlak), berkorelasi cukup kuat yaitu sekitar 0,5 dan kontribusi variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y sebesar 25% dan sisanya 75% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Hasil Belajar Akidah Akhlak.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 03 Des 2019 03:16 |
Perubahan Terakhir: | 03 Des 2019 03:16 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4764 |
Actions (login required)
Lihat Item |